Advertisement

Cegah Perundungan di Kalangan Pelajar SMP, Disdikpora Kulonprogo Bakal Libatkan Polisi

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 03 Oktober 2023 - 17:17 WIB
Arief Junianto
Cegah Perundungan di Kalangan Pelajar SMP, Disdikpora Kulonprogo Bakal Libatkan Polisi Ilustrasi perundungan. - Pixabay/Wokandapix

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo telah menggelar pertemuan dengan seluruh guru bimbingan konseling (BK) jenjang sekolah menengah pertama (SMP) se-Kulonprogo, Selasa (3/10/2023) terkait dengan persoalan kekerasan dan perundungan di sekolah.

Pertemuan tersebut menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) No.46/2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.

Advertisement

Nantinya, Disdikpora akan melibatkan polisi dan TNI dalam upaya pencegahan perundungan di kalangan pelajar SMP.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikpora Kulonprogo, Dorojatun Kuncoroyakti mengatakan bahwa pertemuan dengan guru BK se-Kulonprogo tersebut membahas salah satunya sebab terjadinya kenakalan. Selain itu juga menginventaris permasalahan yang dihadapi pelajar selama ini.

“Saat ini saya baru rapat dengan guru BK se-Kulonprogo. Ini kami sedang membahas formulasi bagaimana kenakalan bisa terjadi di sekolah dan menanganinya. Kami menginventaris permasalahan yang dihadapi anak-anak dan bagaimana sekolah menangani itu,” kata Kuncoroyakti, Selasa.

BACA JUGA: Sempat Viral, 7 Orang Ditangkap karena Aksi Perundungan dan Penganiayaan Anak di Makassar

Kuncoroyakti menambahkan Disdikpora akan mengadakan rapat lanjutan bersama Sekda Kulonprogo, Dandim, Kapolres untuk membahas upaya preventif yang dapat ditempuh agar mencegah terjadinya perundungan di kalangan pelajar. 

Setelah itu, Disdikpora akan mengundang perwakilan semua sekolah, koramil, kapolsek, sampai Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) untuk bersama-sama mengkampanyekan pencegahan kenakalan di SD dan utamanya SMP. “Akan kami undang seluruh pemangku kentingan untuk upaya preventifnya seperti sosialisasi. Nanti kami akan meminta pembinaan dari Polres dan TNI,” katanya.

Lebih jauh, Kuncoroyakti menerangkan selama ini Disdikpora telah memberikan fasilitasi kepada guru-guru BK seperti bimbingan teknis (bimtek) dengan mendatangkan narasumber kompeten. Dengan adanya bimtek tersebut diharapkan kapasitas guru BK meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kelola Judi Online Cuaca77.com, 11 Orang Ditetapkan Tersangka

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement