Advertisement

Gantikan Marian Mihail, Ini Sosok Pelatih Baru PSS Sleman

Catur Dwi Janati
Selasa, 10 Oktober 2023 - 00:47 WIB
Sunartono
Gantikan Marian Mihail, Ini Sosok Pelatih Baru PSS Sleman Pelatih kepala PSS Sleman Marian Mihail (kanan) saat memberikan instruksi kepada pemainnya dalam sesi latihan menjelang bertemu PS Barito Putera Rabu (14/6/2023) di Lapangan Pakembinangun. - Harian Jogja/Yosef Leon Pinsker

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN -- PSS Sleman secara resmi menunjuk Asisten Pelatih, Bertrand Crasson sebagai Pelatih Kepala PSS yang baru menggantikan Marian Mihail. Crasson akan mulai memimpin latihan pasukan Super Elang Jawa pekan ini. 

"Marian menurut saya adalah pelatih yang mempunyai karakter dan disiplin kuat dan telah membentuk karakter dan disiplin para pemain PSS Sleman. Penunjukan Crasson juga terkait dengan target kedepan untuk dapat tembus menjadi tim papan atas,"ujar Presiden Direktur PT Putra Sleman Sembada (PT PSS), Gusti Randa, di Omah PSS, Sleman, Senin (9/10/2023) siang. 

Advertisement

Sementara Marian Mihail kini dipertimbangkan untuk menempati posisi baru sebagai Direktur Teknis. "Pak Marian juga ingin istirahat menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga" terang Gusti.  

BACA JUGA : Hasil Dewa United vs PSS Sleman: PSS Tertinggal Dua Gol di Babak Pertama

Sosok pengganti Marian Mihail juga bukan sembarangan. Secara kepelatihan Crasson mengantongi lisensi UEFA Pro dan memenuhi syarat untuk jadi pelatih kepala. 

Dari sisi pengalaman, Crasson mempunyai pengalaman internasional, baik sebagai pemain maupun pelatih. Sebagai pemain, Crasson pernah membela negaranya dengan seragam Tim Nasional Belgia. Ia mengemas 26 penampilan bersama timnas.

Crasson juga pernah berseragam berbagai klub Eropa, mulai dari RSC Anderlecht hingga FC Brussels. Tak hanya itu, saat menjadi pemain, Crasson juga pernah merumput bersama klub Italia, Napoli. Klub besar daratan Eropa yang baru saja menjadi jawara Seria A di musim 2022/2023.

Sedangkan sebagai pelatih, Crasson pernah melanglang buana di sejumlah tim. Crasson tercatat pernah menjadi juru taktik di F91 Dudelange yang berlaga di Luxembourg National Division dan melatih klub Divisi Utama Thailand, Inter Pattaya.

"Saya sudah bicara langsung dengan Crasson tentang target dari PSS Sleman. Ia berkomitmen untuk memberikan kemampuan terbaiknya," kata Gusti. 

Peningkatan prestasi menjadi salah satu harapan manajemen kepada Crasson. "Manajemen berharap, Crasson melanjutkan disiplin yang ditanamkan Coach Mihail dan melanjutkan peningkatan prestasi PSS Sleman," tegasnya.

Manajemen PSS Sleman juga akan meningkatkan pembinaan tingkat akademi yang saat ini memiliki empat tim yakni PSS U-13, U-16, U-18 dan U-20. 

BACA JUGA : Skor Dewa United vs PSS Sleman, Super Elja Tak Berdaya Lagi di Laga Tandang

"Pembinaan Football Academy PSS Sleman mesti dilakukan secara terarah dan terkonsep. Idealnya, mayoritas pemain senior PSS Sleman datang dari Football Academy Sleman," imbuhnya.

PSS akan menjalani latihan perdana di bawah asuhan Crasson pada Selasa (10/10/2023). Penggawa PSS diberikan libur beberapa hari setelah laga melawan Dewa United beberapa waktu lalu. Mereka akan berlatih kembali pada Selasa sore di Lapangan Pakembinangun dengan pelatih anyar mereka, Bertrand Crasson.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Bakal Susun Kursi Menteri hingga 40, Gerindra Membantah

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement