Advertisement

Siapkan Keamanan Pemilu 2024, Polres Jogja Bikin Simulasi Kerusuhan

Triyo Handoko
Kamis, 12 Oktober 2023 - 23:57 WIB
Arief Junianto
Siapkan Keamanan Pemilu 2024, Polres Jogja Bikin Simulasi Kerusuhan Suasana simulasi penanganan kerusuhan Pemilu 2024 yang diselenggarakan Polres Jogja di StadionMandala Krida, Kamis (12/10/2023). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Simulasi pengamanan kerusuhan Pemilu 2024 dilakukan Polres Jogja di Stadion Mandala Krida, Kamis (12/10/2023). Simulasi tersebut dilakukan untuk memastikan sistem keamanan di Kota Jogja untuk menangani kerusuhan akibat Pemilu 2024 berjalan matang.

Tak hanya Polres Jogja, simulasi tersebut juga dilakukan secara bersama-sama dengan TNI, KPU, Bawaslu, dan Pemkot Jogja. “Simulasi ini menjadi gambaran apa saja kemungkinan yang terjadi selama pelaksanaan Pemilu 2024, sampai dengan situasi yang terburuk pun kami persiapkan dan antisipasi. Sejauh ini Kota Jogja dalam kondisi aman dan kondusif, tapi kita tetap harus mempersiapkan diri dengan segala kemungkinannya,” jelas Kapolres Jogja Kombes Pol Saiful Anwar, Rabu siang.

Advertisement

Saiful menerangkan sistem pengamanan kerusuhan itu dilakukan secara kolaboratif dengan berbagai unsur. “Tentu ini merupakan kerja sama bersama semua elemen dari TNI, Polri, Pemerintah Kota, KPU, Bawaslu beserta stakeholder untuk menjaga Kota Jogja tetap aman dan nyaman untuk masyarakat, termasuk personil-personil yang turun ke wilayah untuk meredam potensi konflik yang terjadi di masyarakat selama tahapan Pemilu 2024 berlangsung,” terangnya.

BACA JUGA: Pemilu 2024, Gerindra Gunungkidul Deklarasikan Pasangan Prabowo-Gibran

Kolaborasi untuk menangani kerusuhan, jelas Saiful, juga akan terus ditingkatkan menjelang Pemilu 2024 mendatang. “Tak hanya pengkondisian kerusuhan, langkah-langkah lain yang menyangkut keamanan dan kondusifan wilayah juga kami lakukan. Terutama melakukan antisipasi kerusuhan, ini dilakukan secara koordinatif dengan berbagai pihak,” ungkapnya.

Sementara itu Pejabat Wali Kota Jogja SInggih Raharjo menjelaskan mendukung penuh usaha-usaha berbagai pihak untuk menjaga keamanan dan kondusifan wilayah. “Kami turut aktif berkoordinasi dengan kepolisian, TNI, KPU, Bawaslu dan lainnya untuk memastikan pemilu di Kota Jogja nanti berjalan lancar,” paparnya.

Singgih menerangkan Pemkot Jogja juga sudah melakukan berbagai langkah untuk memastikan Pemilu 2024 berjalan lancar, dari berdialog dengan tokoh agama, pengurus partai politik, kalangan muda, dan elemen masyarakat nanti. “Komitemn menjaga keamanan ini komitmen bersama bukan hanya Pemkot tapi seluruh elemen masyarakat juga terutama aparat keamanan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Kasus DBD di Gunungkidul Mulai Menurun

Kasus DBD di Gunungkidul Mulai Menurun

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gobel Minta Jepang Ajari Smart Farming kepada Petani Muda Indonesia

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement