Advertisement

Pendaftaran PPPK di Gunungkidul Ditutup, Formasi Dokter Sepi Peminat

David Kurniawan
Jum'at, 13 Oktober 2023 - 12:47 WIB
Ujang Hasanudin
Pendaftaran PPPK di Gunungkidul Ditutup, Formasi Dokter Sepi Peminat Ilustrasi ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pendaftaran Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) di Gunungkidul sudah ditutup sejak Rabu (11/10/2023). Meski demikian, tidak semua formasi terisi dikarenakan ada lowongan seperti dokter tidak ada pendaftarnya.

Kepala Bidang Formasi Pengembangan dan Data Pegawai, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Gunungkidul, Farid Juni Haryanto mengatakan, hingga pendaftar ditutup ada 2.691 peserta yang membuka akun untuk pendaftaran. Meski demikian, tidak semua mendaftar dikarenkaan yang menyelesaikan proses pendaftaran hanya 2.160 pendaftar.

Advertisement

“Jadi yang dihitung mendaftar hanya 2.160 orang. Sebab, yang tidak melakukan submit, maka otomatis dinyatakan gagal sehingga tidak bisa mengikuti tahapan seleksi berikutnya,” kata Farid, Jumat (13/10/2023).

Didalam rekrutmen tahun ini, Pemkab Gunungkidul mendapatkan kuota rekrutmen P3K sebanyak 439 formasi. Jumlah pendaftar yang masuk sudah melebihi formasi dibutuhkan, namun ia mengakui ada sejumlah lowongan yang sepi peminat.

Meski belum bisa menyebutkan secara rinci, namun lowongan seperti arsiparis, dokter dan dokter special tidak ada yang mendaftar. “Untuk dokter atau dokter spesial sudah biasa saat rekrutmen kurang peminat. Untuk detail formasi yang tidak ada pendaftarnnya kami rinci bersamaan dengan pengumuman hasil seleksi administrasi,” katanya.

Menurut dia, untuk tahapan masih dalam proses administrasi berkas pendaftar dari CP3K. Penelitian ini berlangsung hingga Sabtu (14/10/2023) dan hasilnya diumumkan sehari berikutnya.

“Tim masih bekerja untuk melakukan verifikasi administrasi berkas yang masuk,” katanya.

BACA JUGA: Gunungkidul Dapat Kuota PPPK 349 Formasi, Ini Rinciannya

Kepala BKPPD Gunungkidul, Iskandar mengatakan, pendaftaran P3K seharusnya ditutup pada Senin (9/10/2023). Namun berdasarkan Surat dari Badan Kepegawaian Nasional No:9386/B-KS.04.01/SD/E/2023 tentang Penyesuaian Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN Tahun Anggaran 2023, maka pendaftaran diperpanjang selama dua hari.

“Ini berlaku di seluruh Indonesia dan pendaftaran sudah ditutup pada Rabu [11/10/2023] kemarin,” kata Iskandar.

Menurut dia, adanya masa perpanjangan pendaftaran berdampak terhadap tahapan dalam rekrutmen. Meski ada perubahan ia berharap pelaksanaan di Gunungkidul dapat berjalan dengan lancar.

Ia mengungkapkan untuk rekrutmen P3K tahun ini ada 439 formasi. Adapun rinciannya, sebanyak 180 formasi berasal dari tenaga pendidik, 139 lowongan bagi tenaga kesehatan dan 120 formasi untuk tenaga teknis. (David Kurniawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Elon Musk: PLTS Jadi Solusi Atasi Krisis Air Global

News
| Senin, 20 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement