Advertisement

Kereta Anjlok di Kulonprogo, Korban Luka Ringan dan Berat Mencapai Puluhan Orang

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 17 Oktober 2023 - 18:47 WIB
Maya Herawati
Kereta Anjlok di Kulonprogo, Korban Luka Ringan dan Berat Mencapai Puluhan Orang Evakuasi korban KA anjlok di Kulonprogo. - Antara/Istimewa BNPB

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Korban kecelakaan kereta api (KA) anjlok antara KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis di Kilometer 520 +4 Petak dekat Stasiun Kalimenur, Sentolo, Kulonprogo mencapai 31 orang. Dari jumlah tersebut beberapa mengalami luka ringan sampai berat seperti dislokasi.

Kapolres Kulonprogo, AKBP Nunuk Setyowati mengatakan bahwa korban mencapai 31 orang. Beberapa di antaranya dirujuk ke RS Queen Latifa. "Jumlah penumpang KA Argo Semeru mencapai 472 orang dan KA Argo Wilis ada 288 orang. Adapun yang luka sejumlah total 31 orang," kata Nunuk ditemui di lokasi kereta anjlok, Selasa (17/10/2023).

Advertisement

Nunuk menambahkan sebanyak 28 orang luka ringan dan telah ditangani di lokasi. Sedangkan dua orang dilakukan rawat jalan dan satu rawat inap di RS Queen Latifa dengan inisial YPU. Kata dia, para penumpang sudah dievakuasi menuju tujuan masing-masing dengan difasilitasi PT KAI.

"Informasi dari pihak PT KAI, sekarang sudah tidak ada penumpang di sini. Hanya yang masih menjalani perawatan saja yang masih berada di wilayah Kulonprogo," katanya.

Nunuk mengatakan belum bisa memberikan keterangan terkait dengan penyebab pasti kereta anjlok tersebut. Hanya saja dia dapat memastikan bahwa KA Argo Semeru keluar jalur tujuan Gambir. Sebab itu, beberapa gerbong bagian depan terguling tepat di tikungan.

"Gerbong satu yang pertama keluar. Belakang hanya ekor-ekornya saja. Belum tuntas yang Argo Semeru [evakuasi gerbong]," ucapnya.

BACA JUGA: Waspada Angin Kencang 3 Hari ke Depan di DIY, Berikut Perkiraan Peta Lokasinya

Koordinator PSC 119 Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo, Sigit Kuswanto, mengatakan bahwa korban rawat inap di RS Queen Latifa mengalami benturan dan menyebabkan pusing berat.

"Kondisi masih syok akibat benturan. Dia mengeluh pusing berat. Sempat diberikan oksigenasi tapi pusingnya belum hilang jadi kami rujuk ke RS Queen Latifa. Saran dokter perlu rawat inap. Lukanya itu ada benjolan di bagian kepala," kata Sigit.

Sebenarnya pada awalnya ada tiga orang yang dirujuk ke RS Queen Latifa dengan rincian satu orang mengalami dislokasi di area tangan. Hasil rontgen menunjukkan tidak ada patah tulang maka diperbolehkan pulang. Lalu ada pria berinisial TM yang mengalami post trauma menyebabkan hipertensi. Sampai di IGD, TM meminta pulang dengan dibantu PT KAI.

Skenario Pengalihan Jalur

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, menjelaskan skenario pengalihan jalur KA.

Pertama, KA dari Bandung ke arah Jogja dan Surabaya diputarkan ke arah Kroya-Purwokerto- Tegal. Kedua, KA dari Purwokerto ke arah Jogja dan Surabaya diputar balik ke arah Purwokerto- Tegal-Semarang.

Ketiga, penumpang KA Argo Semeru dievakuasi dengan ex rangkaian KA 148, Sawung Galih, untuk dibawa ke arah Kroya-Purwokerto dan menlanjutkan perjalanan ke Jakarta menggunakan KA lain. Keempat, penumpang Argo Wilis dievakuasi menggunakan KA Bandara Wates-Jogja. Dari Jogja dialihkan ke KA lain.

Kelima, KA memutar untuk KA 115, Rangga Jati, dari Solo ke Cirebon, lalu KA 211, Logawa, dari Solo ke Tegal - Purwokerto, kemudian KA 105, Gaya Baru Malam Selatan, Solo ke Cirebon, dan KA 122, Joko Tingkir, Cirebon-Solo-Purwosari. Untuk KA 124, Bangunkarta, Cirebon ke Solo.

"Untuk evakuasi rangkaian [gerbong] di lokasi kejadian [KA anjlok] sedang dikirim Crane dari Solo, Cirebon, dan Banjar. Terkait sebab KA Argo Semeru keluar jalur masih dalam pengusutan," kata Krisbiyantoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Meletus, Warga di Empat Desa Dievakuasi

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement