Advertisement

Waduh! Separuh Pendaftar PPPK Tak Lolos Seleksi Administrasi di Gunungkidul

David Kurniawan
Rabu, 18 Oktober 2023 - 22:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Waduh! Separuh Pendaftar PPPK Tak Lolos Seleksi Administrasi di Gunungkidul Tenaga Honorer - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Hariangjogja.com, GUNUNGKIDUL—Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Gunungkidul telah mengumumkan hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Dari 2.160 pendaftar hanya 1.056 pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat.

Kepala Bidang Formasi Pengembangan dan Data Pegawai, BKPPD Gunungkidul, Farid Juni Haryanto mengatakan, hasil seleksi administrasi calon PPPK sudah diumumkan di laman resmi milik BKPPD Gunungkidul. Ia tidak menampik ada ribuan pendaftar yang tidak memenuhi persyaratan sehingga tidak bisa mengikuti tahapan tes berikutnya.

Advertisement

BACA JUGA: Pendaftaran PPPK di Bantul Ditutup, Total Pelamar 1.988 Orang

Farid menjelaskan, ada 2.160 pendaftar, namun yang memenuhi syarat hanya 1.056 pelamar. Jumlah ini terdiri dari 384 pelamar untuk tenaga pendidik atau guru, 172 fungsional dari tenaga Kesehatan dan sisanya sebanyak 500 pelamar untuk formasi fungsional teknis.

Menurut dia, ada 1.044 pelamar yang tidak lolos seleksi administrasi Calon PPPK. Adapun penyebabnya dikarenakan pengalaman kerja belum sesuai dengan formasi yang dibutuhkan.

“Ada syarat pengalaman kerja dan ini harus dipenuhi oleh pelamar sesuai dengan formasi yang dibutuhkan,” katanya, Rabu (18/10/2023).

Selain itu, juga ada pendaftar yang berkas lamarannya tidak lengkap. Sebagai contoh untuk formasi tenaga Kesehatan ada masalah dalam surat tanda registrasi yang dimiliki.

Meski dinyatakan tidak lolos, Farid mengakui masih ada kesempatan bagi pelamar untuk menyampaikan masa sanggah. Kesempatan untuk menyanggah diberikan mulai 19-21 Oktober 2023.

“Ada waktu tiga hari untuk masa sanggah. Prosesnya dilakukan melalui laman resmi yang dipergunakan dalam pendaftaran,” katanya.

Kepala BKPPD Gunungkidul, Iskandar mengatakan, pendaftaran P3K seharusnya ditutup pada Senin (9/10/2023). Namun berdasarkan Surat dari Badan Kepegawaian Nasional No:9386/B-KS.04.01/SD/E/2023 tentang Penyesuaian Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN Tahun Anggaran 2023, maka pendaftaran diperpanjang selama dua hari.

“Ini berlaku di seluruh Indonesia dan pendaftaran sudah ditutup pada Rabu [11/10/2023] kemarin,” kata Iskandar.

BACA JUGA: Instansi Sepi Peminat CPNS dan PPPK 2023, Cek Daftarnya!

Menurut dia, adanya masa perpanjangan pendaftaran berdampak terhadap tahapan dalam rekrutmen. Meski ada perubahan ia berharap pelaksanaan di Gunungkidul dapat berjalan dengan lancar.

Ia mengungkapkan untuk rekrutmen P3K tahun ini ada 439 formasi. Adapun rinciannya, sebanyak 180 formasi berasal dari tenaga pendidik, 139 lowongan bagi tenaga kesehatan dan 120 formasi untuk tenaga teknis.

“Selama pendaftaran ada 2.692 calon pelamar, tapi yang menyelesaikan proses pendaftaran hanya 2.160 orang,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banjir Afghanistan, 400 Orang Dilaporkan Meninggal Dunia

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement