Advertisement

Update Evakuasi KA Anjlok di Kulonprogo, Dirut PT KAI: Jalur Kereta Sudah Dapat Dilewati

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 18 Oktober 2023 - 15:27 WIB
Arief Junianto
Update Evakuasi KA Anjlok di Kulonprogo, Dirut PT KAI: Jalur Kereta Sudah Dapat Dilewati Petugas berupaya melakukan penanganan gerbong kereta api yang kecelakaan di kawasan Kalimenur, Sukoreno, Kulonprogo, Selasa (17/10/2023). Antara - Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (KAI), Didiek Hartantyo memastikan jalur kereta di lokasi anjloknya KA Argo Semeru dan terhentinya KA Argo Wilis di Petak Jalan Sentolo-Wates Km. 520 +4 sudah dapat dilewati per hari Rabu (18/10/2023). Proses evakuasi selesai sekitar pukul 10.00 WIB.

“Alhamdulilah pukul 09.56 WIB, dari sembilan [gerbong] kereta yang anjlok sudah selesai diangkut di atas rel. Lalu, jalur hulur atau yang dari arah Jakarta sudah kami normalkan. Pukul 11.33 WIB sudah dilewati KA Argo Lawu dari Solo Balapan ke Stasiun Gambir sudah dijalankan. Hari ini siap digunakan kembali,” kata Didiek ditemui di lokasi kejadian, Rabu (18/10/2023).

Advertisement

Dia menambahkan dengan telah dilakukan normalisasi jalur hulu maka KA sudah dapat melintas. Tegas dia, perjalanan KA akan normal kembali.

Didiek menjelaskan bahwa KA Argo Semeru mengalami anjlok di Petak Jalan Sentolo-Wates Km. 520 +4 pukul 13.45 WIB dengan rute dari Surabaya Gubeng ke Stasiun Gambir. Selang 10 menit, KA Argo Wilis melintas dari arah Bandung ke Surabaya Gubeng.

“Ketika KA Argo Wilis berada di kecepatan 78 km/jam, masinis sudah melakukan pengereman maksimal. Namun dengan kecepatan seperti itu, jarak antara 500-600 meter ini tidak bisa dihindari,” katanya.

Dia menegaskan antarmasinis memang tidak ada komunikasi karena mekanisme komunikasi diatur di Pusat Pengendali.

BACA JUGA: Kereta Anjlok di Kulonprogo: Tersisa 6 Rangkaian Gerbong, Proses Evakuasi Dikebut

PT KAI bersama Direktur Keselamatan Perkeretaapian dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan melakukan investigasi penyebab terjadinya anjlokan tersebut. Dari situ PT KAI dan pihak terkait akan mengambil langkah-langkah secara governance.

“Terlalu dini kalau kami menyampaikan penyebabnya. Pemeriksaan masinis sudah kami lakukan. Proses selanjutnya kami kerja sama dengan Direktur Keselamatan dan KNKT,” ucapnya.

Direktur Keselamatan Perkeretaapian Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan, Erni Basri mengatakan bahwa pihaknya telah mengumpulkan data terkait dengan anjloknya KA Argo Semeru untuk segera ditindaklanjuti.

“Dari sisi data sebelumnya kami sudah mengambil data dan KNKT sudah turun dari tadi sudah memeriksa. Proses investigasi akan dilakukan secara bersama-sama. Kita tunggul hasil investigasi. Kami tidak dapat menyebutkan karena belum ada hasilnya,” kata Erni.

Erni menambahkan bahwa Dirjen Perkeretaapian selalu menjaga keselamatan perjalanan kereta termasuk syarat masinis untuk memiliki smart card. Masinis tidak akan diperbolehkan menjalankan kereta apabila tidak memiliki kartu tersebut. “Kami sudah memeriksa smart card pekerja juga punya dan masih berlaku. Kemudian dari sisi sarana prasarana selalu kami rawat bersama operator kami. Sarana sendiri ada sertifikatnya dan itu semua masih berlaku,” katanya.

Pada intinya, kata dia jaringan perkeretaapian telah beroperasi sesuai standar-standar keselamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement