Advertisement

KPU DIY Ajak Santri Berpartisipasi dalam Pemilu

Media Digital
Minggu, 22 Oktober 2023 - 12:17 WIB
Ujang Hasanudin
KPU DIY Ajak Santri Berpartisipasi dalam Pemilu Jumpapers KPU DIY terkait gelaran KPU Goes To Pesantren dan Kampus, Sabtu (21/10 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—KPU DIY akan menggelar KPU Goes To Pesantren untuk mengajak partisipasi para santri dalam Pemilu 2024. Selain pesantren, beberapa kampus juga akan diajak berkolaborasi untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024 dalam tajuk KPU Goes To Campus.

Gelaran KPU Goes To Campus sendiri akan menyasar 10 pesantren di DIY yang meliputi seluruh kabupaten/kota. KPU DIY memerkirakan dari 10 pesantren itu, akan berpartisipasi lebih dari dua ribu santri dalam gelaran tersebut.

Advertisement

Kegiatan KPU Goes To Pesantren ini juga dimaksudkan untuk merayakan Hari Santri. “Tujuan kegiatan ini untuk melibatkan secara aktif para santri di seluruh penjuru DIY agar berpartisipasi dalam Pemilu,” Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU DIY, Sri Surani, Sabtu (21/10/2023).

Dalam kegiatan itu, jelas Surani, KPU DIY akan menggelar nonton bareng film produksinya yang berjudul Kejarlah Janji. “"Film ini menjadi pintu masuk untuk untuk teman-teman melakukan proses pendidikan pemilih, dan dalam film ini pun makna dari film itu juga bagian dari proses itu, menyadarkan masyarakat kita, akan pentingnya proses demokrasi," jelasnya.

Surnai menyebut film produksi KPU RI ini disutradarai oleh Garin Nugroho dan memiliki kemampuan edukasi yang mudah dipahami banyak orang. “Filmnya memiliki cara pembahasan yang efektif terkait pentingnya partisipasi masyarakat dalam Pemilu, sebagai medium kami harap dapat efektif menyampaikan pesan tersebut,” terangnya.

BACA JUGA: Sikap KPU Soal Putusan MK, Pengamat: Surat Edaran Tak Bisa Jadi Dasar Hukum

Sementara itu Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU DIY Ibah Muthiah menjelaskan kegiatan serupa juga akan dilangsungkan di beberapa kampus di DIY. “Seperti UGM, UIN, UAD, UMY, UNY, dan lainnya, ini kami lakukan agar mahasiswa yang ada turut berpartisipasi dalam Pemilu, kami juga akan sosialisasikan pindah pemilih agar mahasiswa ini terlindungi hak pilihnya,” ungkapnya.

Ibah menyebut pindah pemilih dapat segera dilakukan dengan menghubungi petugas KPU terdekat dengan lokasi tinggalnya. “Proses pindah pemilu akan dilakukan hingga H-30 pencoblosan nanti, prosesnya mudah akan dibantu petugas terdekat dengan lokasi tinggal di Jogja misal di kosan atau lainnya,” tuturnya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Bakal Susun Kursi Menteri hingga 40, Gerindra Membantah

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement