Advertisement

Tingkatkan Literasi Pasar Modal, OJK DIY Gelar Sosialisasi SIPF dan Trading Competition

Media Digital
Minggu, 29 Oktober 2023 - 21:07 WIB
Catur Dwi Janati
Tingkatkan Literasi Pasar Modal, OJK DIY Gelar Sosialisasi SIPF dan Trading Competition Suasana sosialisasi Securities Investor Protection Fund (SIPF) dan Trading Competition OJK FIJK 2023 pada Minggu (29/10/2033) di Pakuwon Mall. (Harian Jogja - Catur Dwi Janati)

Advertisement

SLEMAN—Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY menggelar sosialisasi Securities Investor Protection Fund (SIPF) dan Trading Competition OJK FIJK 2023. Dua agenda ini diharapkan dapat mendongkrak literasi pasar modal di kalangan masyarakat.

Kepala Subbagian Pengawasan Pasar Modal OJK DIY, Syahidah Khusnul Khotimah menerangkan agenda Sosialisasi SIPF dan Trading Competition OJK FIJK merupakan rangkaian acara Bulan Inklusi Keuangan (BIK). Kegiatan ini merupakan kerja sama OJK DIY dan FIJK.

Advertisement

"Jadi kami bekerja sama melakukan trading competition ini yang kita laksanakan mulai 23 Oktober sampai 27 Oktober 2023," kata Syahidah pada Minggu (29/10/2023).

Baca Juga: OJK Ajak Kolaborasi untuk Penguatan Governansi

Syahidah mencatat setidaknya ada 120 peserta yang mendaftar dalam trading competition ini. Setelah melalui proses panjang, lima tim dipilih untuk melakukan presentasi dihadapan para juri.

"Trading competition ini untuk meningkatkan literasi. Selain inklusi di kita juga tinggi, tetapi literasinya itu masih kecil. Jadi kita berusaha untuk meningkatkan literasi pasar modal khususnya mahasiswa terkait dengan saham," tandasnya.

Para peserta juga bisa mendokumentasikan perjalanan mereka dalam mengikuti trading competition lewat video. Video inilah yang nantinya juga dikompetisikan dalam lomba behind the scene trading competition.

"Kita bisa melihat dari video-video tersebut untuk literasi kepada masyarakat terkait dengan pasar modal khususnya terkait dengan saham," tandasnya.

Baca Juga: OJK Sebut Perlu Pencocokan antara Produk Dan Jasa Layanan Keuangan

Selain menggelar kompetisi trading, OJK DIY juga mengadakan sosialisasi SIPF. Syahidah berujar sosialisasi ini digelar dengan tujuan mengenalkan masyarakat umum tentang seluk beluk SIPF.

"Apa sih itu SIPF, kalau kita selama ini mengenal Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS), di mana kalau kita menabung itu pasti dijamin di LPS," ujarnya.

Investor pasar modal, kata Syahidah juga tidak perlu kantor akan investasinya. Bila seseorang penyimpanan dana di pasar modal, SIPF akan berperan sebagai lembaga yang menjamin.

Diharapakan Syahidah literasi pasar modal dapat terus meningkat lewat kegiatan ini. Selain itu Syahidah juga berharap kegiatan semacam ini bisa tetap berjalan di tahun berikutnya dengan tema-tema yang lebih menarik dan bisa menggaet peserta yang lebih banyak lagi. "Biar masyarakat itu lebih melek investasi dan juga harapannya literasi kita meningkat," tegasnya.

Baca Juga: Edukasikan Pasar Modal ke Kalangan Milenial, OJK Gelar Lomba Trading 

Kepala OJK DIY, Parjiman menambahkan adanya trading competition akan membiasakan mahasiswa dalam melakukan trading saham. "Harapannya tentunya mereka bisa melakukan investasi, sehingga bisa mengelola keuangannya," ungkapnya.

Sementara dari sosialisasi SIPF, Parjiman berharap masyarakat lebih mengenal lembaga SIPF. "Kita itu punya lembaga SIPF sebagai lembaga yang menjamin bagi pemodal. Sampai dengan saat ini kan itu masyarakat belum pada tahu," ujarnya.

"Jadi harapannya dengan adanya sosialisasi ini, keberadaan SIPF itu bisa diketahui oleh masyarakat," tegasnya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement