Advertisement

Ini Struktur Komisioner KPU Bantul Terbaru dan PR yang Harus Diselesaikan

Lugas Subarkah
Selasa, 31 Oktober 2023 - 19:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Ini Struktur Komisioner KPU Bantul Terbaru dan PR yang Harus Diselesaikan Kelima komisioner KPU bantul periode 2023-2028 berfoto setelah dilantik di KPU RI, Jakarta, Senin (30/10/2023) - ist KPU Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Struktur Komisioner KPU Bantul periode 2023-2028 telah resmi terbentuk pada Senin (30/10/2023) di KPU RI, Jakarta. Sejumlah tugas menjelang Pemilu 2024 sudah menunggu komisioner baru ini.

Struktur Komisioner KPU Bantul terdiri dari Ketua, Joko Santosa; Divisi Teknis, Mestri Widodo; Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM, Wuri Rahmawati; Divisi Perencanaan data Dan Informasi, Arya Syailendra; Divisi Hukum dan Pengawasan, Imron Hidayatullah.

Advertisement

Joko Santoso menuturkan dari lima komisioner tersebut, sebanyak tiga komisioner merupakan incumbent dari Komisioner KPU periode sebelumnya, yakni Joko Santoso, Mestri Widodo dan Wuri Rahmawati. “Pasca pelantikan, kelima komisioner terpilih melakukan pleno, disepakati ketuanya Joko Santosa,” ujarnya saat dihubungi, Selasa (31/10/2023).

BACA JUGA: Dua Muka Lama Duduki Posisi Komisioner KPU Sleman 2023-2028

Setelah terbentuk, KPU Bantul akan konsolidasi internal dan roadshow untuk mengenalkan komisioner baru. “Mengenalkan dengan forkopimda dan mengundang parpol untuk perkenalan. Konsolidasi internal untuk menguatkan internal,” katanya.

Lanjutkan Tugas

KPU Bantul juga melanjutkan pekerjaan menjelang pemilu 2024 yakni mulai dari approval Daftar Calon Tetap (DCT) DPRD Bantul di KPU RI. “Sekarang ini saya sedang melakukan approval DCT dan calon surat suara, approval itu kita melihat foto calon yang nanti akan ditempelkan,” paparnya.

Nama dan gelar DCT juga akan dicek dalam approval ini apakah sudah sesuai dengan pengajuan parpol atau masih ada yang keliru. “Kalau masih ada yang belum benar maka akan dilakukan proses perbaikan di tanggal 2 November, sebelum ditetapkan pada 3 November,” ungkapnya.

Dari 554 DCS, sebanyak dua nama dicoret karena tidak memenuhi syarat, sehingga DCT yang akan ditetapkan nanti 552 nama. “Dari 552 DCT, setelah dilakukan proses approval tidak ada kesalahan, menurut kami yang diajukan sudah sesuai. Namun sebagai wujud kehati-hatian kami akan tetap mengundang parpol di tanggal 2 November,” kata dia.

BACA JUGA: Cara Cek Nama DPT Pemilu 2024 Mudah, Cukup Satu Kali Langkah

Pekerjaan lain KPU Bantul yakni penyiapan logistik. Sejauh ini, logistik yang sudah datang baru bilik suara. Setelah bilik, pada tahap pertama ini nanti yang datang kotak suara. “Semua kami pusatkan di gudang kami di jalan Parangtritis di selatan Pasar Gabusan,” katanya.

Kemudian di tahap kedua nanti akan datang logistik berupa alat kelengkapan TPS, yang diperkirakan tiba di pertengahan November. “Alat kelengkapan meliputi alat untuk mencoblos yakni bantalan dan berbagai macam formulir yang akan dicetak,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement