Advertisement

Diduga Akibat Ponsel Meledak, Rumah Warga di Kulonprogo Ludes Terbakar

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 03 November 2023 - 11:47 WIB
Ujang Hasanudin
Diduga Akibat Ponsel Meledak, Rumah Warga di Kulonprogo Ludes Terbakar Proses pemdaman api di rumah warga di Kalurahan Sidomulyo, Pengasih, Kulonprogo. - Istimwa dok.Polres Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Rumah seorang warga asal Kalurahan Sidomulyo, Pengasih, Kulonprogo bernama Tosan Triyono terbakar habis pada Kamis (2/11/2023) sekitar pukul 19.30 WIB. Rumah model arsitektur Jawa atau limasan yang terbuat dari kayu tersebut terbakar diduga akibat korsleting listrik dari ledakan ponsel.

Kasi Humas Polres Kulonprogo, Iptu Triatmi Noviartuti, mengatakan bahwa kejadian kebakaran diketahui ketika saksi bernama Wardoyo mengetahui bagian pojok belakang dapur rumah korban terbakar. Wardoyo lantas memberi tahu lingkungan sekitar rumah untuk melakukan pemadaman.

Advertisement

Hanya saja api tak kunjung padam dan justru membesar lantas membakar seluruh sisi rumah tersebut. Api diduga muncul dari konsleting ponsel merek Realme milik istri Tosan. Pasalnya ponsel tersebut sering panas dan error. Kondisi tersebut diduga menyebabkan ponsel meledak dan menimbulkan percikan api.

Dalam perisitiwa tersebut tidak ada korban jiwa karena rumah dalam keadaan kosong karena pemilik rumah sedang pergi pengajian. Peristiwa tersebut membuat korban mengalami kerugian mencapai Rp50 juta.

BACA JUGA: 20 Hektare Lahan di Perbukitan Menoreh Kulonprogo Terbakar

Sementara itu Personel Damkar Kulonprogo, Yanto, mengatakan proses pemadaman rumah milik Tosan membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

“Sampai api padam butuh dua jam. Damkar yang turun ada tiga armada, lalu dua [tangki air] BPBD, dua dari PDAM, satu PMI, dan satu dari Tagana,” kata Yanto.

Selain rumah Tosan, kata Yanto terjadi kebakaran di Kalurahan Pendoworejo, Girimulyo. Kebakaran tersebut menimpa kandang ayam milik warga sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dugaan Korupsi Bansos Kemensos, KPK Periksa Bambang Rudijanto Tanoesoedibjo

News
| Rabu, 06 Desember 2023, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Jelang Natal Saatnya Wisata Ziarah ke Goa Maria Tritis di Gunungkidul, Ini Rute dan Sejarahnya

Wisata
| Jum'at, 01 Desember 2023, 19:12 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement