Advertisement

Kapasitas Pengelolaan Sampah TPS3R Nitikan Ditingkatkan dengan Menambah Alat

Triyo Handoko
Rabu, 08 November 2023 - 14:37 WIB
Ujang Hasanudin
Kapasitas Pengelolaan Sampah TPS3R Nitikan Ditingkatkan dengan Menambah Alat Pejabat Walikota Jogja Singgih Raharjo (paling kanan) meninjau alat pengelola sampah di TPS3R Nitikan. Dok Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penambhan alat pengolah sampah dilakukan di Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R) Nitikan untuk meningkatkan kapasitas tempat tersebut. Penambahan alat itu dilakukan Pemkot Jogja dengan menambah mesin conveyor, gibrik, mesin pencacah dan pengolah sampah plastik.

Penambahan alat pengelola sampah di TPS3R itu dilakukan dengan anggaran APBD perubahan 2023. Pengadaan alat-alat pengelola sampah tersebut dalam proses pengadaan.

Advertisement

Sebelumnya, TPS3R Nitikan memiliki kapasitas pengelolaan sampah per hari sebesar 10 ton. Kedepan, setelah pengadaan alat-alat pengelola sampah itu rampung maka diharapkan kapasitas pengelolaan sampahnya akan meningkat.

Tujuan peningkatan kapasitas pengelolaan sampah di TPS3R Nitikan dengan penambahan alat-alat itu agar masalah persampahan di Kota Jogja segera rampung. “Nanti harapannya TPS3R Nitikan tidak hanya mengelola sampah dari lingkungan sekitarnya saja, tapi lebih luas lagi bisa diolah disana untuk mengurangi ketergantungan pengelolaan sampah ke TPA Piyungan, jelas Pejabat Walikota Jogja, Singgih Raharjo pada Rabu (8/11/2023).

BACA JUGA: Sudah Ada Hangar, TPS3R Nitikan Kini Menunggu Pengadaan Alat

Singgih menjelaskan penambahan alat di TPS3R Nitikan dilakukan sesuai dengan kebutuhan yang ada. “Pertimbangan-pertimbangan pengadaan alat yang dilakukan sesuai kebutuhan pengelolaan sampah di TPS3R Nitikan tersebut,” ujarnya.

Terkait peningkatan kapasitas TPS3R Nitikan dalam mengelola sampah setelah alat-alat tersebut tersedia, jelas Singgih, masih dikalkulasi. “Nanti dengan alat ini pasti kapasitas pengelolaannya meningkat, seberapa meningkatnya nanti dikalkulasi bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup,” ungkapnya.

TPS3R Nitikan kedepan juga akan dijadikan model percontohan pengelolaan sampah di Kota Jogja. “Selain fungsinya pengelolaan sampah, TPS3R Nitikan ini juga dijadikan tempat edukasi pengelolaan sampah, fasilitasnya sudah ada, bahkan sudah banyak yang menjajal edukasi pengelolaan sampah disana,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bisnis Data Center NeutraDC Hadir Sebagai Penyedia AI Enabler di Indonesia Cloud & Datacenter Convention 2024

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement