Advertisement

Museum Sonobudoyo Pamerkan Koleksi Berkaitan dengan Budaya Maritim

Alfi Annisa Karin
Rabu, 08 November 2023 - 22:47 WIB
Sunartono
Museum Sonobudoyo Pamerkan Koleksi Berkaitan dengan Budaya Maritim Foto ilustrasi Sonobudoyo. - Dok.Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Museum Sonobudoyo kembali memamerkan koleksinya melalui gelaran Annual Museum Exhibition (AMEX) 2023. Lebih dari 30 karya terpajang.

Beberapa karya berbentuk miniatur kapal. Ada juga koleksi manuskrip yang turut ditampilkan. Berbagai karya yang dipamerkan itu tak lepas dari tema yang diangkat pada gelaran AMEX 2023, Beyond the Border, Connecting Cultures."

Advertisement

Salah satu galery sitter, Henu Abiseka menjelaskan beberapa karya yang dipajang menjadi simbol interkoneksi budaya yang muncul dari perdagangan se-Asia Tenggara, utamanya di Nusantara. Mulai dari hasil budaya keyakinan, seni budaya, keberlanjutan budaya, jejak kejayaan, hingga jejak peradaban.

Total ada delapan ruangan dan masing-masing ruangan memiliki sub tema. Henu menuturkan, AMEX 2023 juga menceritakan kompleksitas kisah perdagangan maritim di Asia Tenggara.

"Karya di sini ingin menunjukkan jati diri Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara sebagai negara maritim," ujar Henu saat ditemui di Museum Sonobudoyo, Rabu (8/11/2023).

Puluhan karya yang dipajang tak murni hanya dari Museum Sonobudoyo. Ada juga koleksi dari Museum Bahari dan Museum Ronggowartsito. Beberapa seniman hingga dosen juga turut memajang karyanya pada gelaran AMEX 2023. Selain berbagai miniatur yang berkaitan dengan tema maritim, ada juga photo booth hingga VR.

AMEX menjadi salah satu gelaran rutin yang dilaksanakan Museum Sonobudoyo setiap tahunnya. Kali ini, digelar juga dalam rangka merayakan hari jadi Museum Sonobudoyo ke-88. Selain itu juga sebagai peresmian gedung baru di lantai 5 dan 6 dengan berbagai wahana baru.

"Harapannya semoga bisa menekankan kepada pengunjung kalau negara kita itu negara maritim. Meski kita di Asia Tenggara ini negara kepulauan, tapi disatukan dengan hasil kebudayaan maritim," ujar Henu.

Masyarakat bisa mengunjungi AMEX 2023 secara gratis. Buka setiap hari hingga tanggal 30 Desember 2023 mulai pukul 09.00-21.00.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiga Ribu Lebih WNI Terjerat Online Scam Sejak 2021

News
| Minggu, 28 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement