Advertisement

DPMPTSP Gelar Forum Konsultasi Publik Meningkatkan Pelayanan MPP

Media Digital
Rabu, 08 November 2023 - 23:57 WIB
Maya Herawati
DPMPTSP Gelar Forum Konsultasi Publik Meningkatkan Pelayanan MPP Suasana Forum Konsultasi Publik dan Sosialisasi Pelayanan Publik di penghujung 2023 yang digelar DPMPTSP di Pringsewu Resto pada Rabu (8/11/2023). - Harian Jogja // Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sleman menggelar Forum Konsultasi Publik dan Sosialisasi Pelayanan Publik di penghujung 2023. Lewat agenda ini DPMPTSP menjaring beragam masukan dari pemberi layanan pada Mal Pelayanan Publik (MPP) Sleman sebagai bahan evaluasi peningkatan kinerja MPP ke depannya.

Sekretaris DPMPTSP Sleman, Triana Wahyuningsih menjelaskan digelarnya forum ini tidak lain untuk menerima masukan dari pemberi layanan di MPP Sleman. Hingga saat ini ada sekitar 20 instansi yang turut membuka layanan publiknya MPP Sleman. Beberapa di antaranya seperti DPMPTSP Sleman, SIM Corner Polres Sleman, Samsat Online, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, BPJS, Dinas Lingkungan Hidup dan sebagainya.

Advertisement

"Forum ini untuk menerima masukan dari penyelenggara pelayanan dan juga dari masyarakat penggunaan layanan. Terkait pelaksanaan Mal Pelayanan Publik ini seperti apa," kata Triana di Pringsewu Resto, Sleman, Rabu (8/11/2023).

DPMPTSP sebagai kordinator dalam MPP Sleman ingin menghimpun berbagai masukan untuk evaluasi pelayanan. Apa saja yang kurang menurut instansi pemberi layanan maupun masukan dari masyarakat secara langsung.

Sebagai koordinator MPP Sleman, DPMPTSP juga berkewajiban menyediakan loket, sarana dan prasarana sesuai kesepakatan. Nantinya, pemberi layanan pada MPP Sleman akan memberi umpan balik apakah sarana yang diberikan sudah sesuai dengan kesepakatan.

BACA JUGA: Libur Akhir Tahun, Keamanan Wahana Wisata Berisiko Tinggi di DIY Bakal Dicek

"Karena kan setiap pelayanan itu ada standar pelayanannya. Standar Pelayanan itu sudah kami sampaikan ke masyarakat. Standar pelayanan itu apakah sudah sesuai atau mungkin nanti dengan adanya masukan dari berbagai kalangan ini apalah perlu diubah, disesuaikan atau seperti apa," katanya.

Dengan masukan ini, fungsi MPP Sleman sebagai one stop service layanan publik di Sleman dapat memberi layanan dengan optimal. Karena, segala masukan yang ditampung bisa dipakai untuk menjadi bahan evaluasi kinerja MPP Sleman.

"Masyarakat itu inginnya dengan dibentuk MPP ini dia datang ke satu lokasi dia bisa mengakses ke berbagai layanan yang ada di MPP," jelasnya.

Masukan yang disampaikan dalam forum konsultasi publik menjadi modal evaluasi bagi DPMPTSP kedepannya. "Forum Konsultasi Publik ini dalam penyelenggara pelayanan itu memang harus dilakukan, tetapi ini juga dalam rangka evaluasi," katanya.

Apalagi Triana menilai pelayanan publik menjadi wajah suatu pemerintahan. "Tujuannya untuk memperbaiki pelayanan publik yang ada di Kabupaten Sleman. Karena pelayan publik tetap sebagai wajah utama dari sebuah pemerintahan. Kalau pelayanan publiknya baik, berarti pemerintahannya pasti akan baik," katanya. (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan NasDem Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Anies Bilang Begini

News
| Sabtu, 27 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement