Advertisement

Dorong Wirausahawan Lokal, Kemenpora Gelar Kuliah Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Sleman

Abdul Hamied Razak
Kamis, 09 November 2023 - 08:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Dorong Wirausahawan Lokal, Kemenpora Gelar Kuliah Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Sleman Kemenpora mengadakan Kuliah Penumbuhan Minat Kewirausahaan Pemuda pada hari Rabu (11/8/2023) di Merapi Merbabu Hotel. Ist - humas pemkab

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sleman menggelar Kuliah Penumbuhan Minat Kewirausahaan Pemuda.

Kuliah Wira Muda kali ini mengangkat tema “Kunci Sukses Bangun Usaha di Kota 1000 Candi”, dengan harapan minat seluruh peserta yang hadir dapat tumbuh dan meningkat untuk mulai berwirausaha. Kuliah kali ini dilaksanakan di Merapi Merbabu Hotel, Rabu (11/8/2023), dan dihadiri oleh 170 peserta secara luring.

Advertisement

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Asisten Deputi Bidang Kewirausahaan Pemuda, Kemenpora, Hendro Wicaksono. Hendro mengharapkan setelah kuliah ini, seluruh peserta yang hadir dapat berkembang minatnya untuk menjadi wirausaha dan mulai bergerak meraih kesuksesan di masa depan.

BACA JUGA: Berikut Daftar 6 Pejuang yang Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi

“Menurut Mas Dito Ariotedjo, masa depan yang cemerlang ada di tangan wirausaha muda yang mau bermimpi dan bergerak untuk meraihnya. Kalo kita bergerak sesuai dengan mimpi, maka bukan tidak mungkin kita bisa menjadi seperti Nadiem Makarim dan Sandiaga Uno. Dengan begitu, Indonesia Emas 2045 bisa diwujudkan oleh pemimpin muda yang hadir di acara ini.” tuturnya.

Seluruh peserta yang hadir merupakan pemuda dan perwakilan organisasi kepemudaan di Kabupaten Sleman. Kuliah Penumbuhan Minat Kewirausahaan Pemuda adalah program Kemenpora di bawah Deputi Bidang Pengembangan Pemuda. Program ini dilaksanakan oleh Asisten Deputi Bidang Kewirausahaan pemuda dengan tujuan untuk menumbuhkan minat pemuda untuk berwirausaha dengan membekali ilmu tentang kewirausahaan yang relevan dan kontekstual.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menyampaikan Pemkab Sleman mengapresiasi Kemenpora dan mendukung penuh kegiatan tersebut yang bertujuan untuk mendorong minat berwirausaha pemuda di Sleman. Danang juga menjelaskan bahwa kunci sukses membangun usaha bergantung pada diri sendiri.

“Kemauan dan semangat harus muncul dari diri sendiri. Pemerintah hanya mendampingi dan mendukung melalui berbagai pelatihan, pendampingan, dan bantuan permodalan”, tutupnya.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Woro Srihastuti Sulistyaningrum menyampaikan bahwa pemuda punya potensi, daya juang, semangat, dan kreativitas yang luar biasa. Oleh karena itu, penting untuk mengarahkan dan mendampingi pemuda untuk menumbuhkan minat berwirausaha.

“Peran pemerintah adalah membangun ekosistem kewirausahaannya, bisa dengan membuka pasarnya, akses permodalannya, pemahaman kelembagaan, dan regulasinya. Dan ini yang akan kita perkuat dan sudah dituangkan dalam strategi nasional pengembangan kewirausahaan pemuda, serta Entrepreneur Hub yang digagas oleh Kemenko PMK," ucap Srihastuti.

BACA JUGA: Video Konvoi Bantuan Palestina Dirampas Israel, Begini Faktanya

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman Agung Armawanta, Analis Muda Badan Koordinasi Penanaman Modal Wahyudi Romdhani, Founder Gumun.id Anggia Pino, Ketua Umum Indonesia Council of Youth Development Budy Sugandy, dan CEO Cokelat nDalem Meika Hazim dan Ketua Tim Penumbuhan Minat Wirausaha pada Bidang Pengembangan Wirausaha Pemuda Umriansyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AHY Akan Deklarasikan Bali sebagai Pulau Lengkap

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement