Advertisement

Hiu Paus Sepanjang 10 Meter Ditemukan Mati di Pantai Garongan Kulonprogo

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 09 November 2023 - 16:17 WIB
Ujang Hasanudin
Hiu Paus Sepanjang 10 Meter Ditemukan Mati di Pantai Garongan Kulonprogo Petugas gabungan tengah mengubur bangkai hiu paus yang mati terdampar di Pantai Garongan Kulonprogo, Kamis (9/11/2023). - Istimewa / dok.SAR

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Seekor Hiu Paus terdampar di Pantai Selatan Garongan III, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulonprogo pada Kamis (9/11/2023). Ikan tersebut ditemukan terombang-ambing oleh ombak dalam keadaan mati.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa SRI Wilayah V Kulonprogo, Aris Widiatmoko, mengatakan bahwa ikan hiu tersebut terdampar sejak tanggal (8/11/2023) sekitar pukul 19.30 WIB.

Advertisement

“Informasi awal itu anggota Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V mendapat informasi bahwa ada hiu terdampar,” kata Aris dihubungi, Kamis (8/11/2023).

Anggota SAR lantas mencari ikan tersebut dan ditemukan di Selatan Garongan III atau sebelash Barat leter S Cangkring. Menurut Aris, ikat tersebut memiliki panjang sekitar 10 meter, panjang sirip samping 120 sentimeter, panjang sirip atas 50 sentimeter, dan berat sekitar 1,5 ton.

Kata dia, ikan hiu tersebut lebih besar daripada ikan hiu yang sebelumnya terdampar. Ikan tersebut sempat terbawa sampai ke tengah laut namun kembali lagi ke tepi pada pagi harinya.

BACA JUGA: Hiu Paus Mati Terdampar di Pantai Congot, Diduga Hewan yang Muncul Beberapa Hari Terakhir

Agar ikan tersebut tidak terbawa arus, hiu paus tersebut sempat diikat dengan tali oleh beberapa relawan. Ikan itu akhirnya dikubur di area pantai. “Sebelumnya yang hari Jumat [27/10/2023] ada ikan hiu tutul terdampar di Pantai Trisik,” katanya.

Hiu tutul tersebut memiliki panjang 5 meter, panjang sirip samping 80 cm, sirip atas 30 cm, dan berat sekitar 5 kwintal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Sebut Ada 29 Perusahaan Singapura Berinvestasi di IKN

News
| Senin, 29 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement