Advertisement

Bupati Gunungkidul Resmikan Pembangunan Internet Publik dan Infrastruktur Air Bersih

Media Digital
Jum'at, 10 November 2023 - 08:57 WIB
Sunartono
Bupati Gunungkidul Resmikan Pembangunan Internet Publik dan Infrastruktur Air Bersih Peresmian infrastruktur air bersih di Panggang Gunungkidul. - Istimewa.

Advertisement

GUNUNGKIDUL–Bupati Gunungkidul Sunaryanta meresmikan Pembangunan Internet Publik dan Pembanguann Infrastruktur Air Bersih di Kapanewon Panggang. Fasilitas ini merupakan CSR dari PT Telkom Indonesia, PT Moratelematika Indonesia dan PT. PLN Icon+ bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Gunungkidul.

Kepala Dinas Kominfo Gunungkidul, Setiyo Hartato,  mengatakan, CSR PT Moratelematika Indonesia memberikan fasilitas internet publik yang dipasang di Padukuhan Panggang 3 Kalurahan Giriharjo. Serta CSR bantuan buku PAUD yang diserahkan kepada Himpaudi Kapanewon Panggang, Kamis (9/11/2023).

Advertisement

"Untuk CSR PT Moratelematika Indonesia memberikan fasilitas internet publik dan kita arahkan dipasang di Padukuhan Panggang 3 Kalurahan Giriharjo dengan nilai CSR sebesar Rp. 20 juta," ungkapnya.

BACA JUGA : Petakan Pembangunan Gunungkidul 20 Tahun ke Depan

Dan untuk CSR PT. PLN Icon+ adalah fasilitasi internet publik di Masjid Al Huda, Padukuhan Jurug, Kalurahan Giriwungu dengan nilai CSR sebesar Rp. 50 juta.

Sedangkan untuk CSR dari PT Telkom Indonesia sendiri adalah fasilitasi pembangunan infrastruktur air bersih di Padukuhan Sumber, Kalurahan Girisuko, Kapanewon Panggang.

Dipilihnya pembangunan fasillitas air bersih dilokasi bukan tanpa alasan, keadaan geografis Kapanewon Panggang membuat beberapa wilayah masih kekurangan air bersih. Pembangunan Infrastuktur ini diharapkan mempermudah masyarakat mencukupi kebutuhan air utamanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

General Manager PT Telkom Witel Yogyakarta, Agus Faisal mengatakan, Pembangunan Infrastruktur Air Bersih  yang diberikan untuk Gunungkidul senilai Rp. 64 juta. Digunakan untuk membangun fasilitas air bersih di Padukuhan Sumber Girusuko, Panggang.

"Sebelumnya sudah kita bangun di 2 (dua) tempat yakni Padukuhan Nglumbung dan Padukuhan Gabuk, Giricahyo, Purwosari. Kita (PT Telkom Witel Yogyakarta) berkomitmen bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk mencukupi kebutuhan air bersih," katanya. 

General Manager Regional 4 Darul Tauhid Peduli Nur Ihsan Bashori  mengatakan, pihaknya selain menjembatani program CSR ini harapannya bantuan ini dapat dinikmati 47 Kepala Keluarga di Padukuhan Sumber Girusuko, Panggang. Menurutnya ketersediaan air bersih menjadi sangat vital tidak hanya untuk manusia namun juga ternak. 

"Nanti kita bantu bina untuk mengelola karena nantinya kedepan akan dikelola oleh Kelompok Pengelola Air Bersih Padukuhan Sumber," ujarnya. 

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mewakili masyarakat Gunungkidul mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan PT. Telkom Indonesia, PT Moratelematika Indonesia, dan PT. PLN Icon+ atas bantuan yang diberikan baik Fasilitas air bersih maupun intermet publik sehingga dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

"Untuk pembangunan internet publik saya harap dapat digunakan seoptimal mungkin, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan baik dan percepatan transformasi digital," ujarnya.

BACA JUGA : Sah, Pemkab Bakal Ubah Hari Jadi Gunungkidul

Dalam kesempatan tersebut orang nomor satu di Gunungkidul ini juga berpesan agar fasilitas air bersih maupun internet publik dijaga dengan baik. Dimanfaatkan, sehingga akan berdampak terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

"Saya tegaskan untuk fasilitas air dijaga dan dirawat dengan baik, karena kita ketahui biaya yang dikeluarkan untuk fasilitasi air bersih ini tidak sedikit," katanya. 

Hadir dalam peresmian program infrastruktur Kepala Dinas PUPR, Panewu Panggang, Forkopim Kapanewon Panggang dan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menpora Pastikan PON XXI Aceh-Sumut Digelar Tahun Ini, Persiapan Sudah Matang

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement