Advertisement

Update Terbaru! Rute Bus Gunungkidul-YIA dan Jadwal Pemberangkatannya

David Kurniawan
Minggu, 12 November 2023 - 12:17 WIB
Sunartono
Update Terbaru! Rute Bus Gunungkidul-YIA dan Jadwal Pemberangkatannya Kondisi terminal keberangkatan YIA yang ramai penumpang. - Harian Jogja/Dok.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Perusahaan Otobus (PO) Efisiensi membuka rute operasi dari Gunungkidul-Cilacap melalui Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo. Setiap harinya ada dua bus yang diberangkatkan untuk melayani rute ini.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Dhaksinarga, Aris Farwanto mengatakan, rute Gunungkidul-YIA merupakan perpanjangan jalur milik PO Efisiensi. Awalnya, izin trayek yang dimiliki melayani dari Terminal Giwangan, Kota Jogja dengan tujuan Cilacap melalui YIA.

Advertisement

Namun demikian, sambung dia, sekarang ada tambahan trayek sehingga bisa melayani sampai ke Gunungkidul. “Perpanjangan trayek untuk meramaikan dan memenuhi kebutuhan di Terminal Dhaksinarga,” kata Aris, minggu (12/11/2023).

BACA JUGA : Jadwal Lengkap Bus Damri Jogja-Bandara YIA Hari Ini, Minggu 12 November 2023

Dia menjelaskan, total ada enam armada milik PO Efisiensi yang melayani rute Gunungkidul-YIA sampai ke Cilacap. Meski demikian, di awal pengoperasian hanya dua bus yang dijalankan.

“Memang tidak semua dioperasikan karena ada aramada cadangan untuk pengganti apabila bus reguler mengalami kerusakan,” katanya.

Adapun jadwal pemberangkatan dari Terminal Dhaksinarga yang pertama pukul 08.00 WIB. Adapun pemberangkatan kedua dilaksanakan pukul 10.00 WIB.

“Memang yang menggunakan bus ini belum banyak karena saat berangkat dari Terminal Dhaksinarga baru dua sampai tiga orang yang naik,” katanya.

Meski demikian, Aris mendukung pengoperasian armada ini karena ikut memberikan kemudahan bagi warga di Gunungkidul. “Jadi penumpang pesawat asal Gunungkidul tidak perlu bingung menggunakan moda transportasi umum. Sebab, sudah ada bus ke Gunungkidul dan biayanya lebih murah ketimbang sewa atau carter,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Bidang Angkutan dan Terminal, Dinas Perhubungan Gunungkidul, Raden Agus Hendro Kusumo mengatakan, sudah ada armada yang dikelola Damri yang menghubungkan destinasi wisata Gunungkidul dengan YIA. Meski demikian, untuk bus dengan tujuan Terminal Dhaksinarga-YIA, ia belum melihatnya.

BACA JUGA : Terlindas Bus Pariwisata, Pengendara Motor Asal Gunungkidul Tewas di Jalan Jogja-Wonosari

“Kewenangan izin berada di kementerian perhubungan dan tidak ada pemberitahuan ke daerah,” katanya.

Meski demikian, ia memberikan apresiasi karena adanya rute bus dari Terminal Dhaksinarga-Kota Jogja hingga YIA akan memberikan kemudahan ke Masyarakat. Pasalnya, moda transportasi bertambah sehingga pilihannya bisa lebih banyak. “Tentu kami mendukungnya karena bisa digunakan Masyarakat untuk beraktivitas,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Diperiksa 10 Jam, Firli Bahuri Temui Wartawan

News
| Jum'at, 01 Desember 2023, 20:42 WIB

Advertisement

alt

Jelang Natal Saatnya Wisata Ziarah ke Goa Maria Tritis di Gunungkidul, Ini Rute dan Sejarahnya

Wisata
| Jum'at, 01 Desember 2023, 19:12 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement