Advertisement

Pabrik Kerupuk di Bantul Hangus Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta

Lugas Subarkah
Rabu, 15 November 2023 - 09:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Pabrik Kerupuk di Bantul Hangus Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta Petugas Damkar Bantul memadamkan kebakaran di pabrik kerupuk di Banguntapan, Selasa (14/11/2023) malam. - ist Polres Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULKebakaran melanda sebuah pabrik kerupuk di Jomblangan, Kalurahan Banguntapan, Banguntapan, Selasa (15/11/2023) malam. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian materi mencapai ratusan jiwa.

Kapolsek Banguntapan, Kompol Irwantoro, menjelaskan Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Bantul, Irawan Kurnianto, menjelaskan kebakaran terjadi pukul 19.00 WIB. Kebakaran bermula dari terbakarnya wajan penggorengan kerupuk.

Advertisement

BACA JUGA: Ekspose Pemetaan Rawan Kebakaran di DIY, Sehari Terjadi 2 Insiden Kebakaran

“Sekira pukul 19.00 WIB, seorang karyawan mau menyalakan genset karena lampu mati. Kemudian genset hidup dan lampu menyala. Karyawan tersebut lalu melihat api yang menyala di atas wajan penggorengan kerupuk,” ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (15/11/2023).

Api tersebut membesar dan merembet ke bagian atap pabrik. karyawan tersebut lalu memanggil warga sekitar untuk memadamkan api menggunakan kain basah, namun api tetap bertambah besar. “Sekira pukul 20.00 WIB, damkar datang memadamkan api,” katanya.

Karena cukup besar, api baru dapat dipadamkan pada pukul 21.30 WIB. Adapun luas bangunan yang terbakar sekitar 100 meter persegi. Berdasarkan pemeriksaan, diduga penyebab kebakaran berasal dari korsleting listrik ketika genset dinyalakan.

Beberapa barang yang terbakar dalam kejadian ini diantaranya mesin pembuat kerupuk, atap pabrik dan alat-alat untuk memasak kerupuk. Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun kerugian materi diperkirakan mencapai Rp200 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mesin Pesawat Garuda Pengangkut Jemaah Haji Terbakar, Begini Reaksi Kemenag

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement