Advertisement

Baru Terserap 70%, DPRD Minta Pemkot Jogja Fokus Tangani Sampah

Triyo Handoko
Kamis, 16 November 2023 - 07:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Baru Terserap 70%, DPRD Minta Pemkot Jogja Fokus Tangani Sampah Ilustrasi uang rupiah / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penyerapan APBD 2023 di Kota Jogja yang baru mencapai 68,47% ditanggapi DPRD. Dewan berharap Pemkot Jogja untuk memaksimalkan penyerapan anggaran dan fokus pada penanganan sampah.

Ketua DPRD Jogja Danang Rudyatmoko menilai efektivitas dan prioritas penyerapan anggaran itu sudah baik.nPantauan DPRD Jogja terhadap penyerapan anggaran, jelas Danang, sudah masuk ke 45 kelurahan pada November ini.

Advertisement

BACA JUGA: Pemkab Sleman Siapkan TPST di Sleman Tengah, Cek Lokasinya

“Kami juga mengawal, November ini anggaran yang ada masuk ke kelurahan-kelurahan dalam bentuk pengaspalan dan lainnya,” jelasnya pada Selasa (14/11/2023).

Penyerapan anggaran pada akhir tahun yang turun di kelurahan-kelurahan itu, menurut Danang, cukup baik untuk meningkatkan keterserapan yang ada. “Kami lihat sudah cukup merata tapi kurang fokus dalam mengintegrasikan pembangunan yang ada,” terangnya.

Pemkot Jogja dalam merencanakan pembangunan sudah memiliki dokumen khusus. “Sudah ada rencana pembangunan daerah (RAD), itu saja dipatuhi karena dibahas bersama kami di DPRD sebagai panduan,” katanya.

Selain mendasarkan pada RAD, lanjut Danang, Pemkot Jogja perlu memprioritaskan penanganan sampah pada 2024. “Masalah sampah ini lintas sektor, dampaknya ke berbagai lini juga sehingga harusnya diselesaikan segera dengan cara yang menyeluruh, komprehensif, dan fokus,” tegasnya.

Danang menilai penanganan sampah perlu lebih komprehensif lagi supaya benar-benar teratasi dan tak mengulangi masalah yang ada. “Lewat penganggaran yang ada kami minta sampah ditangani dengan baik hingga akar masalahnya tertangani agar tak mengulang terus,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sidak ke Bea Cukai Bandara Soetta, Mendag Zulkifli Hasan Temukan WNA Bawa Mesin untuk Dijual

News
| Senin, 06 Mei 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement