Advertisement

DIY Siapkan 126 Event untuk Tarik Wisatawan di Tahun Depan, Ini Rinciannya

Media Digital
Sabtu, 18 November 2023 - 07:17 WIB
Ujang Hasanudin
DIY Siapkan 126 Event untuk Tarik Wisatawan di Tahun Depan, Ini Rinciannya Pemda DIY melaunching calender of event 2024, di Puncak Sosok, Pleret, Jumat (17/11/2023) malam - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Sebanyak 126 event dengan 11 event unggulan akan digelar di seluruh wilayah DIY sepanjang 2024. Event dengan berbagai jenis kegiatan ini diharapkan mampu mendongkrak kuantitas maupun kualitas  pariwisata di DIY.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, menjelaskan ratusan event itu tercantum dalam calender of event 2024 dengan tajuk Journey to Wonderful Jogja. “Kita ingin memberi pengalaman menarik dengan menyuguhkan 126 event di tahun 2024,” ujarnya dalam peluncuran Calender of Event 2024 di Puncak Sosok, Pleret, Jumat (17/11/2023).

Advertisement

Pengalaman menjadi penting untuk ditonjolkan karena saat ini DIY sedang menuju ke arah quality tourism. “Sehingga pengalaman bagi wisatawan sangat memberikan kesan dan memberikan dampak ekonomi yang lebih baik,” ungkapnya.

126 event tersebut terdiri dari berbagai macam kegiatan, dengan rincian berdasarkan kategori yakni seni budaya 45 event, festival 31 event, sport tourism 12 event, karnaval dua event, mice 11 event, kompetisi 13 event dan musik 12 event. Dari jumlah tersebut, sebanyak 11 event menjadi event unggulan.

“Ada beberapa yang memang annual, setiap tahun ada seperti sport tourism, selalu ditunggu oleh masyarakat dan wisatawan. Kemudian ada sajian seperti Land of Leisure dan sebagainya. Yang tidak kalah menarik event budaya yang unik,” kata dia.

BACA JUGA: Kota Jogja Siap Menyambut Wisatawan dengan Ratusan Event Tahun Depan

Adapun 126 event tersebut merupakan event yang sudah terdaftar sampai dengan November 2023, baik yang digelar oleh pemerintah maupun komunitas dari seluruh DIY. “Masih banyak sekali event yang akan terus menyusul di perjalanan 2024 nanti,” paparnya.

Ia berharap dengan launching calender of event 2024, dapat memberikan informasi dan gambaran kepada para wisatawan yang merencanakan kunjungan ke Jogja. “Sehingga planning 2024 sudah mulai dititiki di tanggalnya,” ungkapnya.

Wagub DIY, KGPAA Paku Alam X, yang membacakan sambutan Gubernur DIY, menuturkan sesuai tema yang diusung, diharapkan wisatawan dapat menikmati berbagai event pariwisata dan budaya di DIY. “Semoga dapat mengangkat kembali pariwisata Jogja melalui event unggulan,” katanya.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Nia Niscaya, mengatakan Jogja memiliki event yang sangat banyak dan beragam, melampaui daerah-daerah lain.

“Hal yang menurut saya patut dicontoh oleh daerah lain adalah bagaimana komunitas betul-betul menjadi mitra dari pemerintah. Dari jenis event semuanya ada di provinsi ini, itu kesannya sangat mendalam, keren,” paparnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Serbu Masjid Ibrahim di Hebron, Pasukan Israel Larang Azan dan Salat

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement