Advertisement

Jelang Liburan Nataru, Dishub Bantul Gelar Ramp Check Bus sampai Perahu

Lugas Subarkah
Rabu, 22 November 2023 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Jelang Liburan Nataru, Dishub Bantul Gelar Ramp Check Bus sampai Perahu Ilustrasi ramp check. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Menghadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul terus berupaya memastikan kendaraan yang beroperasi aman digunakan oleh masyarakat. Untuk itu, ramp check digelar beberapa kali di sejumlah lokasi.

Kepala Dishub Bantul, Singgih Riyadi menjelaskan pihaknya sudah melaksanakan ramp check ke beberapa lokasi. “Kami sudah melakukan ramp check terutama pada kendaraan yang beroperasi ke luar daerah,” ujarnya, Rabu (22/11/2023).

Advertisement

Ramp check yang sudah berlangsung di antaranya di beberapa garasi bus, seperti di garasi bus GG di Imogiri, garasi bus Tata Transport, bahkan di Laguna Depok untuk perahu.  “Secara umum kendaraan-kendaraan itu layak beroperasi,” ungkapnya.

Hasil ramp check ini menurutnya memang tidak menunjukkan kelayakan kendaraan 100%, karena kendaraan yang diperiksa pun tidak semuanya baru.  “Hasil ramp check-nya ya rata-rata 90 persen, kecuali kendaraan baru, hasil ujinya pasti masih 100 persen layak.,” katanya.

Ramp check pada garasi bus tersebut juga tidak dilakukan pada semua bus, melainkan hanya sampling saja dan melihat keberadaan bus di garasi. “Kalau di Gigih unitnya banyak, tapi yang ramp check enam unit. Sampling, tidak mungkin seluruhnya,” kata dia.

Untuk di lokasi Laguna Depok, ramp check dilakukan pada sembilan perahu ASDP yang beroperasi di sana. “Bermunculan sarana wisata, perahu, jetski, kami dampingi bantuan sarana-prasarana keselamatannya seperti pelampung,” paparnya.

BACA JUGA: Ini Dia Pelanggaran yang Banyak Ditemukan saat Ramp Check di Terminal Giwangan, Rata-rata Masalah Administrasi

Perahu-perahu tersebut juga sudah mendapatkan izin pas kapal, setelah difasilitasi oleh Dishub Bantul yang bekerja sama dengan Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas III Yogyakarta. “Perahu yang beroperasional di laguna izinnya sudah ada,” ungkapnya.

Ramp check juga masih akan dilakukan mendekati nataru mendatang, yakni pada 28-29 November 2023. “Kami adakan ramp check lagi. Di objek wisata Parangtritis, untuk kendaraan luar daerah yang masuk ke objek wisata Parangtritis,” katanya.

Selain itu ramp check juga dilakukan pada kendaraan dari luar daerah yang masuk ke wilayah Bantul. “Terus akan berlangsung, manakala nanti diperlukan akan turun tangan. Termasuk bus yang masuk ke Bantul misal masuk di Terminal Palbapang, kami ramp check di tempat,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mau Mengikuti Rangkaian Acara Waisak di Candi Borobudur? Simak Aturannya!

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement