Advertisement

Viral Jembatan Putat Tergenang Air, Begini Penjelasan Kepala Dusun Setempat

Triyo Handoko
Selasa, 05 Desember 2023 - 20:07 WIB
Arief Junianto
Viral Jembatan Putat Tergenang Air, Begini Penjelasan Kepala Dusun Setempat Jembatan / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Genangan air setinggi 10 sentimeter kerap terjadi di Jembatan Putat, Kapanewon Patuk. Terbaru, genangan itu muncul saat hujan deras mengguyur Patuk pada Selasa (5/12/2023) sore.

Genangan air di Jembatan Putat itu jadi viral setelah diunggah akun Instagram @merapi_uncover, sekitar pukul 14.30 WIB. Tampak dalam video yang diunggah teraebut sejumlah kendaraan mencoba menerobos genangan itu.

Advertisement

Terkait dengan hal itu, Kepala Dusun Putat Wetan, Dhian Febro menjelaskan genangan air itu kerap terjadi saat hujan detas. "Setiap musim hujan ada genangannya," jelas Febro, Selasa sore.

Genangan tersebut, menurut Febro, disebabkan air dari jalan yang berada lebih tinggi bertemu di Jembatan Putat yang posisinya lebih rendah dari jalan. “[Genangan] Itu karena posisi jembatan yang rendah. Itu air yang di jalan ngumpul di jembatan, posisi jembatan lebih rendah dari jalan yang lain," katanya.

BACA JUGA: Jalur Alternatif Gunungkidul-Sleman Terus Dikebut, 2 Jembatan Ini Jadi Fokus

Penyebab lainnya, kata Febro, tidak ada saluran air di pinggir jalan. "Sama yang di pinggir jalan enggak ada saluran airnya, jadi tertamung di jembatan itu,” katanya.

Febro menerangkan gorong-gorong di sana tertutup sampah dedaunan. "Itu ada gorong-gorong juga sebenarnya tetapi tersumbat sampah daun-daunan kering," jelasnya.

Meskipun begitu, lanjut Febro, warga sekitar selalu membersihkan gorong-gorong saat tersumbat. “Kayak tadi karena lama menggenang, warga inisiatif langsung membersihkan gorong-gorong supaya genagan dapat mengalir lancar lagi,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konser Kali Kedua di Jakarta, Ed Sheeran Gunakan Music Performer Visa

News
| Senin, 04 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement