Advertisement

Libur Nataru, Dishub Perketat Pengecekan Angkutan Umum di Kota Jogja

Alfi Annisa Karin
Minggu, 10 Desember 2023 - 14:27 WIB
Sunartono
Libur Nataru, Dishub Perketat Pengecekan Angkutan Umum di Kota Jogja Foto ilustrasi petugas saat mengecek armada bus. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja mulai rutin melakukan ramp check menjelang libur natal dan tahun baru. Ramp check ini dilakukan untuk memastikan kelayakan kendaraan umum untuk beroperasional di jalan raya.

Kegiatan ini juga menjadi skrining awal untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Sekretaris Dishub Kota Jogja Golkari Made Yulianto menyebut, ramp check utamanya digelar di Terminal Tipe A Giwangan.

Advertisement

"Selain itu ada juga yang mendatangi pool bus, terutama bus pariwisata. Kelengkapan surat-surat apakah sudah di uji kendaraan atau belum, kita akan periksa itu," katanya, Minggu (10/11).

BACA JUGA : 17 Ruas Jalan di Bumi Sembada Berpotensi Macet saat Libur Nataru 2024

Yulianto menuturkan indikator kelayakan jalan bagi kendaraan adalah surat uji kir. Untuk mendapatkannya, pemilik kendaraan harus melalui serangkaian uji kendaraan. Mulai dari ada pengecekan fisik, ada tidaknya dimensi yang berlebih, sistem pengereman, hingga sistem kemudi. Ada juga pengecekkan lampu, klakson, dan berbagai indikator lainnya.

"Kalau lolos uji, berarti dia lolos. Kalau belum bisa menunjukkan sudat uji kir, ada kemungkinan belum lolos uji," imbuhnya.

Selain ramp check di terminal dan pool bus, gelaran uji kendaraan sejatinya menjadi kegiatan rutin yang dilakukan Dishub Kota Jogja. Utamanya bagi angkutan orang dan barang. Uji kendaraan ini bahkan bisa dilakukan sekali hingga tiga kali dalam setiap pekannya.

BACA JUGA : Ditjen Hubdat Gelar Mudik Gratis saat Libur Natal dan Tahun Baru, Begini Cara Daftarnya

"Kita melakukan gakkum di jalan. Apakah sudah bisa menunjukkan lolos uji apa belum. Pada saat jalan, apakah dia over load over dimensi atau tidak," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konser Kali Kedua di Jakarta, Ed Sheeran Gunakan Music Performer Visa

News
| Senin, 04 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement