Advertisement

Puluhan Anak Cerita Pengalamannya di Taman Pintar Jogja

Media Digital
Selasa, 12 Desember 2023 - 12:07 WIB
Maya Herawati
Puluhan Anak Cerita Pengalamannya di Taman Pintar Jogja Suasana Lomba Taman Pintar Bercerita di Taman Pintar, Jogja, Selasa (12/12/2023). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

JOGJA—Untuk memberikan ruang anak mengembangkan kemampuan menulis dan mendongeng, Taman Pintar Jogja menggelar Lomba Taman Pintar Bercerita. Kegiatan ini juga dalam rangka menyambut Hari Ulang ke-15 Tahun Taman Pintar Jogja.

Kepala Seksi Kerjasama dan Pemasaran Taman Pintar Jogja, Karmila, mengatakan sebelum presentasi dengan cara bercerita atau mendongeng, peserta akan terlebih dahulu mengirimkan naskah. Ada 20 peserta di masing-masing kategori yang akan maju ke babak presentasi.

Advertisement

“Ini sebagai cara kami memberi wadah bagi bakat anak untuk mengembangkan diri. Proses menulis naskah dan presentasi agar anak-anak semakin punya kualitas yang baik,” kata Karmila di sela-sela Lomba Taman Pintar Bercerita di Taman Pintar, Jogja, Selasa (12/12/2023).

Lomba dibagi ke dalam dua kategori, yaitu A untuk kelas 1-3 serta B untuk kelas 4-6. Total peserta 40 anak. Pembagian kategori sesuai tingkatan kelas ini agar penilaian bisa seimbang, dan tidak terlalu jauh rentang kemampuannya. Proses pendaftaran dan seleksi naskah berlangsung pada November 2023. Sementara babak presentasi berlangsung 12 Desember 2023.

BACA JUGA: Viral KPU Bakal Adakan Debat Istri Capres dan Cawapres, Ini Faktanya

Para peserta akan bercerita tentang pengalaman berkunjung ke Taman Pintar. Cerita bisa mencakup pengalaman pribadi sampai tentang permainan atau wahana yang ada di Taman Pintar. Dengan cara ini, anak-anak bisa berbagi pengalamannya bermain dan belajar di Taman Pintar kepada orang lain.

“Harapannya, anak-anak yang pernah ke Taman Pintar merasa diapresiasi. Mereka sudah datang saja kami senang, kami apresiasi kunjungan itu dengan kontes ini. Suatu saat mereka akan ke sini lagi, karena selalu ada yang baru terus di Taman Pintar, sehingga mereka akan semangat lagi. Semoga Taman Pintar dan pengunjung semakin terjalin ikatannya, tidak hanya sekadar datang dan pulang,” katanya.

Salah satu peserta Lomba Taman Pintar Bercerita, Karisma Syanum, mengatakan senang bisa menjadi bagian dari lomba. “Tadi cerita tentang Taman Pintar, tentang planetarium, mitigasi gempa, dan science theater. Senang bisa cerita di depan juri tentang Taman Pintar,” kata siswi SD IT Luqman Al-Hakim, Jogja, berusia 6 tahun itu. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement