Advertisement

DPRD Kulonprogo Gunakan Roadmap untuk Memastikan Kinerja

Media Digital
Kamis, 14 Desember 2023 - 22:17 WIB
Maya Herawati
DPRD Kulonprogo Gunakan Roadmap untuk Memastikan Kinerja Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati Harian Jogja - Andreas Yudha

Advertisement

KULONPROGO—Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kulonprogo memastikan bahwa kinerja Dewan sepanjang 2023 termasuk baik. Hal tersebut dilatarbelakangi dengan adanya roadmap dalam menjalankan tugas pokok, dan fungsi (tupoksi) dan target pembahasan peraturan dan anggaran daerah.

Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati mengaku mengawasi betul roadmap yang sudah dirancang. Dengan begitu, target kinerja yang ditetapkan bisa tepat sasaran.

Advertisement

“Kinerja seluruh wakil rakyat di DPRD Kulonprogo sudah sesuai target. Bahkan, penetapan APBD 2024 maju karena kami berharap meski ada Pemilu 2024, pelaksanaan program kerja di 2024 tetap berjalan maksimal. Kami juga ingin fokus membantu teman-teman eksekutif dalam menyusun RPJPD [Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah] dan RPJMD [Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah],” kata Akhid Nuryati saat ditemui di Gedung DPRD Kulonprogo, Kamis (14/12/2023).

Dijelaskan Akhid, hal yang masih menjadi perhatian untuk ditingkatkan adalah fungsi pengawasan. Menurut dia, pengawasan informal perlu diperbanyak melalui kunjungan lapangan atau pertemuan warga.

BACA JUGA: Jelang Libur Nataru, BBPOM Yogyakarta Awasi Peredaran Makanan di Kulonprogo

“Dewan punya fungsi pengawasan. Kegiatan formal yang ada sangat kurang sehingga ada sejumlah kegiatan seperti jaring aspirasi masyarakat. Hal ini penting karena sebetulnya roh DPRD kan wakil rakyat yang bisa menyuarakan dan memberi solusi berkaitan dengan aspirasi masyarakat,” katanya.

Akhid menyatakan bahwa Dewan dapat mendorong hak masyarakat seperti jaminan sosial yang tiba-tiba tidak aktif melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait seperti Dinas Kesehatan. Menurutnya, agar implementasi aspirasi masyarakat berjalan, Dewan perlu mendapat kepercayaan atau trust dari lembaga eksekutif. “Tidak semua anggota Dewan mendapat trust yang sama dari eksekutif atau kepala dinas. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya komunikasi atau karakter yang kadang menyebabkan perbedaan trust,” kata Akhid.

Oleh karena itu, Akhid menekankan pentingnya menjalin komunikasi yang baik dan efektif bersama OPD dan eksekutif lain agar tugas pokok dan fungsi (tupoksi) berjalan lancar dan kinerja Dewan semakin baik.

Berikan Apresiasi

Lebih jauh, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengaku pada akhir 2019 jajarannya memberi apresiasi secara formal kepada dua anggota DPRD Kulonprogo karena kinerja keduanya dianggap sangat baik. Mereka dianggap mampu mengawal dan menyelesaikan pansus Hari Jadi DPRD Kulonprogo yang sulit. “Pansus harus menelusuri jurnal dan dokumen bahkan penelitian mahasiswa. Bahkan, anggota pansus menelusuri dokumen sampai Universitas Surabaya,” katanya.

Hari Jadi DPRD Kulonprogo inilah yang kemudian terus diperingati bukan sekadar seremonial, namun sebagai bentuk spirit penyelenggara pemerintah. Spirit inilah yang diimplementasikan melalui Lomba Profil Desa melalui Karang Taruna. Profil Desa ini penting sebagai dasar penyusunan RPJPD. Potensi desa pun dapat dimasukkan dalam proses penyusunan tersebut. (***)

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Arab Saudi Tangkap Warganya yang Bicarakan Perang Hamas-Israel di Media Sosial

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement