Advertisement

Jelang Nataru, Harga Cabai di Bantul Capai Rp90 Ribu per Kilogram

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 15 Desember 2023 - 13:17 WIB
Ujang Hasanudin
Jelang Nataru, Harga Cabai di Bantul Capai Rp90 Ribu per Kilogram Pembeli memilih cabai rawit merah di Pasar Beringharjo, Jogja, Sabtu (4/11/2023). Harian Jogja - Alfi Annisa Karin\\r\\n\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) sejumlah harga cabai masih terbilang tinggi. Meski begitu Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Bantul memastikan ketersediaan pangan masih mencukupi. 

Sumiyati Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Pasar Niten mengeluhkan harga cabai terus mengalami kenaikan dalam beberapa waktu belakangan. Saat ini menurut dia harga cabai merah besar mencapai kisaran Rp60-70 ribu per kg. Sementara harga cabai merah keriting sekitar Rp90 ribu per kg. Sementara cabai hijau besar sekitar Rp40 ribu per kg. 

Advertisement

“Harga cabai sekarang tinggi,” katanya di  Pasar Niten, Jumat (15/12/2023)

Sementara Kepala DKUKMPP Kabupaten Bantul, Agus Sulistiyana mengakui harga cabai di Kabupaten Bantul mengalami kenaikan dalam beberapa waktu belakangan. Dari pantauan DKUKMPP Kabupaten Bantul di Pasar Bantul, Niten, Imogiri, Piyungan dan Pijenan harga cabai mengalami kenaikan yang cukup tinggi sejak minggu terakhir November 2023 dibandingkan dengan harga cabai saat ini. 

Berdasarkan pantauan DKUKMPP Kabupaten Bantul rata-rata harga cabai merah keriting mengalami peningkatan cukup signifikan dari Rp.61.033 per kg menjadi Rp.70.933 per kg atau naik Rp.9.900 per kg. Sementara cabai merah besar dari Rp.53.750 per kg menjadi Rp.62.083 per kg atau naik Rp.8.333 per kg. Sementara cabai rawit hijau dari Rp53.933 per kg menjadi Rp.56.500 per kg atau naik Rp.2.567 per kg. 

Menurut Agus menjelang Nataru, harga cabai diperkirakan terus mengalami peningkatan. 

“Menjelang Nataru memang kecenderungan orang ingin masak dan sebagainya bertambah, ada yang sudah belanja, seperti penyalur sudah menambah yang disediakan. Ini akan mempengaruhi tingkat harga,” katanya.

BACA JUGA: Disperindag DIY Prediksi Harga Cabai Bertahan Tinggi Sampai Akhir Tahun

Saat ini pun menurut Agus cabai dipasok dari luar Kabupaten Bantul antara lain dari Wonosobo dan Temanggung. Meski begitu dia memastikan ketersediaan cabai hingga saat ini masih mencukupi. 

Sementara kebutuhan pangan lainnya, seperti beras, bawang merah, bawang putih juga mengalami kenaikan. Untuk beras premium mengalami kenaikan dari minggu sebelumnya Rp.13.667 per kg menjadi Rp.13.800 per kg, sementara beras medium mengalami kenaikan dari Rp.12.900 per kg menjadi Rp.13.100 per kg. Bawang merah juga mengalami kenaikan dari Rp.27.900 per kg menjadi Rp.28.833 per kg. Kemudian untuk bawang putih kating dari Rp.35.400 per kg menjadi Rp.36.113 per kg.

Dengan kenaikan harga pangan, Agus mengimbau agar masyarakat berbelanja secukupnya. Selain itu, pihaknya telah bekerjasama dengan beberapa pihak untuk menyelenggarakan operasi pasar dan pasar murah di sejumlah daerah untuk menstabilkan harga pangan. 

“Kami imbau [masyarakat] untuk membeli secukupnya,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kelola Judi Online Cuaca77.com, 11 Orang Ditetapkan Tersangka

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement