Advertisement

Tak Ada Acara Khusus, Sleman Targetkan 300 Ribu Wisatawan saat Libur Nataru

Jumali
Jum'at, 15 Desember 2023 - 16:17 WIB
Maya Herawati
Tak Ada Acara Khusus, Sleman Targetkan 300 Ribu Wisatawan saat Libur Nataru Perayaan malam Tahun Baru / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman tidak menggelar acara khusus pada musim libur Natal dan Tahun Baru. Meski demikian target wisatawan yang datang ke sejumlah tempat wisata di Bumi Sembada sebanyak 300.000.

Kepala Dispar Sleman Ishadi Zayid mengatakan, meski tidak menggelar event khusus pada saat Nataru, namun Dispar menargetkan meraih 300.000 wisatawan berkunjung ke sejumlah destinasi unggulan di Sleman. Adapun beberapa destinasi unggulan tersebut adalah Candi Prambanan, Breksi dan wisata di Lereng Gunung Merapi seperti gardu pandang, kawasan Kaliurang, wisata Kali Adem dan Lava Tour.

Advertisement

"Di samping itu, kami juga berharap agar wisatawan juga bisa berkunjung ke destinasi wisata yang lagi viral di Sleman Barat seperti di Cibuk Kidul dan Studio Alam Gamplong," kata Ishadi, Jumat (15/12/2023).

Meski demikian, diakui oleh Ishadi sampai saat ini tidak ada tindakan yang masif dari dinas untuk mendorong wisatawan untuk ke destinasi wisata pilihan tersebut. Sejauh ini Dispar hanya menginfornasikan melalui mediam jika di Sleman Barat ini ada desa layak dikunjungi. Di antaranya ada wisata Cibuk Kidul dan Gamplong.

BACA JUGA: 29 Desember Diprediksi Jadi Puncak Arus Masuk Pemudik dan Wisatawan ke DIY

"Harapannya dengan informasi. Kita harapkan, jika wisata di Lereng Merapi padat, mereka akan lari ke Sleman Barat," katanya.

Terkait dengan pemanfaatan media sosial untuk menyosialisasikan keberadaan objek wisata alternatif tersebut, dia mengaku sampai saat ini Dispar Sleman belum melakukannya. Pemanfaatan media sosial baru akan dilakukan beberapa waktu ke depan.

"Kami pun hanya informasikan di media sosial bahwa ada objek wisata ini-ini. Ke depan akan kita perhatikan. Nanti bisa pas puncak kepadatan, oh ini Merapi sedang penuh, bisa diinformasikan Anda bisa berkunjung ke Sleman Barat," ucapnya.

Lebih lanjut Ishadi mengungkapkan, dari 300.000 wisatawan yang ditarget datang, 60 persen diprediksi akan terjadi pada 22 Desember 2023–31 Januari 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Dipercepat

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement