Advertisement

Libur Akhir Tahun, Dinas Pariwisata Sleman Imbau Pedagang Kuliner Tidak Nuthuk Harga

Jumali
Jum'at, 15 Desember 2023 - 16:47 WIB
Maya Herawati
Libur Akhir Tahun, Dinas Pariwisata Sleman Imbau Pedagang Kuliner Tidak Nuthuk Harga Taman wisata Kaliurang. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman mengimbau insan pariwisata yaitu pengelola tempat wisata, petugas parkir dan pemilik warung kuliner agar menerapkan harga wajar dan tidak nuthuk.

Perilaku nuthuk harga atau menaikkan harga tinggi melampaui ketentuan atau batas wajar kerap terjadi pada musim libur.

Advertisement

Kepala Dispar Sleman Ishadi Zayid mengatakan instansinya telah meminta kepada insan wisata untuk menerapkan Sapta Pesona Wisata.

"Kami juga minta kepada insan wisata untuk tidak nuthuk parkir dan kuliner. Pasang harga sewajarnya, dan jangan bikin kapok wisatawan berkunjung," katanya, Jumat (15/12/2023).

Oleh karenanya, kata Ishadi Dispar Sleman akan melakukan penindakan terkait dengan penerapan nuthuk tarif parkir dan kuliner.

Untuk nuthuk tarif parkir, Dispar akan berkoordinasi dengan Dishub untuk menindak tegas juru parkir jika itu berada di area kewenganan Dishub. Untuk parkir di luar kewenangan Dishub, Ishadi mengatakan akan berkoordinasi dengan aparat keamanan, kalurahan dan warga sekitar untuk penertiban.

"Untuk kuliner nuthuk. Jika ada kejadian itu, kami lakukan edukasi, kalau berulang, kita akan evaluasi kiosnya. Karena kios di Kaliurang itu kan milik Pemkab. Bagaimanapun dampaknya kan bukan ke orang itu saja. Untuk itu, sanksi secara berjenjang akan kami lakukan," ungkap Ishadi, Jumat (15/12/2023).

BACA JUGA: 29 Desember Diprediksi Jadi Puncak Arus Masuk Pemudik dan Wisatawan ke DIY

Begitu juga dengan parkir dan kuliner di Tebing Breksi, Ishadi mengatakan akan berkoordinasi dengan komunitas untuk pengawasan tarif parkir dan kuliner. "Akan ada sanksi sosial dari komunitas. Ini untuk edukasi jangan aji mumpung. Karena ini tanggung jawab kita bersama," ucapnya.

Sedangkan terkait dengan sejumlah event yang dihelat saat pergantian tahun, Ishadi mengaku pihaknya telah mencatat ada beberapa event. Di antaranya, Swara Prambanan, pada 31 Desember 2023 yang diselenggarakan oleh PT TWC di kawasan Candi Prambanan menampilkan bintang tamu Sheila on 7, Ndarboy Genk, Shaggydog, Jikustik dan Kunto Aji.

Selain itu ada event MusicFest #2, pada 31 Desember 2023 yang diselenggarakan oleh Obelix Hills dengan bintang tamu Guyon Waton. Ada juga event Opera Shinta, Rama & Rahwana di Grand Keisha dan New Year’s eve dinner di beberapa hotel bintang di Kabupaten Sleman, seperti di Royal Ambarrukmo, Hyatt Regency, Marriott Jogja, Sheraton Mustika, dan lainnya.

Lebih lanjut Ishadi mengungkapkan, dari 300.000 wisatawan yang ditarget datang, 60 persen diprediksi akan terjadi pada 22 Desember 2023–31 Januari 2023.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keamanan Wilayah di Jateng Dinilai Kondusif, Investor Terus Berdatangan

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement