Advertisement

Menjelang Libur Nataru, Tebing Breksi Mulai Diserbu Pengunjung

Jumali
Sabtu, 16 Desember 2023 - 18:47 WIB
Maya Herawati
Menjelang Libur Nataru, Tebing Breksi Mulai Diserbu Pengunjung Tebing Breksi / dok Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sepekan jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Sleman mulai diserbu pengunjung. Salah satunya adalah Taman Wisata Bukit Breksi.

Pantuan Harian Jogja, Sabtu (16/12/2023), taman wisata yang ada di Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman ini cukup banyak didatangi oleh pengunjung. Rata-rata pengunjung berasal dari luar kota. Mereka berswafoto di sejumlah titik di taman wisata yang berada di selatan Candi Prambanan dan berdekatan dengan Candi Ijo serta kompleks Kraton Boko tersebut.

Advertisement

Salah satu pengunjung di Tebing Breksi, Lina,36, mengatakan sudah beberapa kali berkunjung ke Tebing Breksi. Datang ke Tebing Breksi bersama dengan anak dan suaminya untuk liburan. "Sebelumnya saya pernah kesini bersama dengan rombongan orang kantor," kata warga Bekasi tersebut.

Pengelola Wisata Tebing Breksi Kholiq Widiyanto mengatakan, sudah ada peningkatan jumlah pengunjung dalam dua pekan terakhir. Peningkatan jumlah pengunjung justru terjadi pada pekan biasa (weekdays) yang mencapai 2.000 pengunjung, atau naik 100% dari pekan sebelumnya.

"Hal ini dikarenakan libur sekolah. Jadi saat weekdays ini bisa mencapai 2.000 pengunjung setiap harinya. Padahal di hari biasa jika tidak libur sekolah rata-rata sekitar 1.000 orang," kata Kholiq.

Sementara untuk kunjungan wisata pada saat weekend, Kholiq mengaku sampai saat ini belum ada lonjakan. Pihaknya mencatat kunjungan wisata pada weekend masih sekitar 3.000 sampai 6.000 pengunjung. Meski demikian pihaknya tetap mewaspadai jika ada kenaikan pengunjung pada akhir pekan dengan memaksimalkan 500 orang pelaku wisata yang ada.

Terkait dengan kunjungan wisata pada libur Nataru 2024, Kholig memperkirakan total ada sebanyak 100.000 pengunjung pada bulan Desember 2023. Jumlah itu termasuk pengunjung datang pada saat libur Nataru.

BACA JUGA: Bus Besar dan Sedang Dilarang Masuk Obelix Hills, Dishub Sleman: Demi Keselamatan

"Ini kami lihat berdasarkan kunjungan wisatawan pada pekan pertama dan kedua Desember 2023," kata Kholiq.

Mengenai event dan langkah dari pengelola untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung, Kholiq mengaku pihaknya telah mempersiapkan semuanya. Pada libur Nataru kali ini, setiap sore pengelola Tebing Breksi akan menggelar live musik. Selain itu, akan ada pesta kembang api pada malam tahun baru, dan pada 1-2 Januari 2024 akan ada pementasan kuda lumping.

"Selain itu kami juga sudah mempersiapkan semua fasilitas yang ada. Jalan saat ini juga sudah lancar," kata Kholiq.

Untuk menambah kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung, Kholiq menyampaikan pihaknya telah berkoordinasi dengan Tagana desa, linmas, dan karang taruna. Nantinya mereka akan ikut mengamankan dan membantu kelancaran lalu lintas baik keluar ataupun masuk wisatawan ke Tebing Breksi.

"Ada 10 petugas penjaga jalan yang kami siagakan. Kami juga siapkan 8 orang petugas ganjal ban di dua titik berbeda. Ini dilakukan mengingat banyak pengunjung yang belum tentu mahir dalam mengendarai kendaraan," jelasnya.

Kholiq juga menegaskan jika pada libur Nataru kali ini pengelola Tebing Breksi juga tidak melakukan perubahan tarif masuk pengunjung. Tarif yang dikenakan tetap yakni sebesar Rp10.000 per orang utuk wisatawan lokal. "Sedangkan untuk wisatawan mancanegara tetap Rp20.000 per orang," ucap Kholiq.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Nilai Strategi Bata Tutup Pabrik Kurang Tepat

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement