Advertisement

Ganjar Janjikan 17 Juta Lapangan Pekerjaan Baru, Ini Kata Pengamat Ekonomi

Abdul Hamied Razak
Minggu, 17 Desember 2023 - 01:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Ganjar Janjikan 17 Juta Lapangan Pekerjaan Baru, Ini Kata Pengamat Ekonomi Ganjar Pranowo / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Calon presiden Ganjar Pranowo memiliki bukti konkret dalam mengatasi angka pengangguran dan masalah lapangan pekerjaan ketika menjabat sebagai gubernur di Jawa Tengah.

Pakar Ekonomi Dr. Y. Sri Susilo mengatakan Ganjar memiliki bukti konkret menjanjikan 17 juta lapangan kerja baru. "Pak Ganjar punya bukti konkret ketika menjabat gubernur di Jateng, dan itu sangat mungkin diterapkan secara nasional. Misalnya, SMKN Jateng yang kurikulumnya sudah berkonsep link and match dengan kebutuhan industri. Jadi ketika lulus bisa langsung diterima kerja,” kata Susilo, Sabtu (16/12/2023).

Advertisement

Dia menuturkan, dari total jumlah angka pengangguran di Indonesia, angka pengangguran terdidik cukup mendominasi. Karena itu, gagasan Ganjar untuk memperbaiki sistem pendidikan dengan konsep link and match sangatlah tepat.

“Apa yang sudah dikatakan Pak Ganjar untuk memperbaiki sistem pendidikan dengan link and match itu perlu didukung. Lulusan perguruan tinggi harus sesuai dengan lapangan kerja yang tersedia. Yang menjadi persoalan sekarang ini banyak lulusan sarjana tetapi tidak sesuai dengan yang dibutuhkan Perusahaan. Misalnya, yang dibutuhkan sarjana teknik lebih banyak, tapi lulusan yang tersedia sarjana sosial, atau ekonomi,” katanya.

BACA JUGA: Garuda Indonesia dan The Pokemon Company Perkenalkan Design Livery Tematik Pikachu Jet

Dosen pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Atmajaya Yogyakarta ini mengatakan, apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memberikan landasan untuk membangun industrialisasi dan hilirisasi. Hal itu sesuai dengan komitmen Ganjar-Mahfud yang menyatakan akan menerapkan pembangunan berkelanjutan dan percepatan agar tenaga kerja lebih cepat terserap.

Ditambahkan Susilo, keberadaan Mahfud MD sebagai calon wakil presiden Ganjar, juga akan sangat berpengaruh terhadap iklim investasi di Indonesia. Sebab, para investor membutuhkan pemimpin yang dapat memberikan jaminan kepastian dan penegakan hukum, sehingga mereka merasa aman ketika berinvestasi.

“Salah satu yang menghambat laju investasi terutama PMA atau foreign direct investment adalah tidak adanya kepastian hukum. Yang dibutuhkan pengusaha itu kepastian hukum. Dan saya yakin, bersama Pak Mahfud sebagai wakilnya, Pak Ganjar bisa memperbaiki regulasi dan birokrasi, termasuk kepastian hukum,” jelasnya.

Seperti diketahui, dalam visi-misinya, pasangan nomor urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md berjanji akan membuka 17 juta lapangan kerja baru bila terpilih menjadi presiden dan wakil presiden 2024-2029.

BACA JUGA: Elektabilitas Ganjar Lampaui Prabowo versi Lembaga Riset Australia

Program 17 juta lapangan kerja baru merupakan tindaklanjut atas aspirasi masyarakat, terutama generasi muda. Pasangan Ganjar-Mahfud menyadari isu ketersediaan lapangan pekerjaan, menjadi kekhawatiran generasi muda.

Ganjar menginginkan agar kualitas dan sistem pendidikan di Indonesia diubah, disesuaikan dengan kebutuhan industry. Setelah pendidikan disiapkan dengan baik, Ganjar akan membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya dengan cara membukan kran investasi.

Namun, di samping itu, Ganjar juga berjanji akan memfasilitasi creative hub di seluruh Indonesia untuk mewadahi anak-anak muda yang tidak mau terikat dalam pekerjaan dan memilih untuk membuka usaha sendiri sesuai dengan minat mereka.

"Maka entrepreneurship mesti dibuka lebar-lebar. Creative hub meski disiapkan banyak-banyak dan negara mesti memberikan dukungan untuk itu. Lapangan pekerjaan di digital ekonomi sangat besar dan anak muda kreatif Indonesia sudah banyak yang terjun di dalamnya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kian Santer, Begini Utak Atik Nama Menteri di Kabinet Prabowo

News
| Selasa, 17 September 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kampung Belgia di Jember Tawarkan Agrowisata Heritage

Wisata
| Minggu, 15 September 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement