Advertisement

Jaga Warisan Budaya, Siswa dan Guru Tampilkan Karakter Tokoh Pewayangan

Sunartono
Senin, 18 Desember 2023 - 23:47 WIB
Sunartono
Jaga Warisan Budaya, Siswa dan Guru Tampilkan Karakter Tokoh Pewayangan Penampilan festival kebudayaan antarkelas di SMK Binatama, Senin (18/12/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Komitmen menjaga warisan budaya terus digelorakan di DIY sebagai daerah yang kaya akan budaya. Salah satunya dilakukan para pelajar SMK Binatama dengan menampilkan gelar budaya karakter tokoh pewayangan dalam rangkaian peringatan HUT sekolah tersebut, Senin (18/12/2023).

Kegiatan bertajuk Festival Kebudayaan Antar Kelas ini mengangkat tema Jaga Warisan Nusantara. Para siswa dan guru menampikan sejumlah karakter tokoh pewayngan seperti punakawan Gareng, Petruk, Bagong. Selain itu ada  Dewi Kunthi, Werkudoro, Arjuna, Nakula, Sadewa, Srikandi dan Dewi Shinta.

Advertisement

BACA JUGA : Wayang Jogja Night Carnival Gabungkan Antara Tokoh dan Lakon Pewayangan

“Penampilan festival kebudayaan ini diikuti para siswa di sekolah kami setiap kelas, maka disebut antarkelas. Ini sebagai komitmen kami untuk ikut melestarikan, melindungi, mengembangkan dan memasyarakatkan warisan budaya nusantara dimulai dari lingkungan sekolah serta masyarakat,” kata Kepala SMK Binatama Nuri Hastuti, Senin.

Bukan hanya siswa, seluruh warga di sekolah tersebut turut diimbau untuk terus berkomitmen dalam melestarikan budaya. Hal ini sejalan dengan DIY yang menjadi salah satu daerah kaya akan budaya. “Nilai budaya ini juga kami upayakan untuk ditanamkan di setiap proses pembelajaran,” katanya.

Ia menambahkan dalam proses pembelajaran saat ini telah menerapkan kurikulum merdeka sehingga lebih mengedepankan proyek dan peran serta siswa. “Selain itu pengembangkan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila,” ujarnya.

Selain penampilan karakter tokoh pewayangan, dalam kegiatan tersebut juga menampilkan sejumlah atraksi budaya. Mulai dari Panembromo, tari sinjang parijoto, drama ‘golek bantu’, ketoprak ande-ande lumut, upacara adat siraman, medley lagu nusantara, drama dolan awan gawe kelaran, tari nusantara hingga upacara adat mitoni.

BACA JUGA : Gambarkan Situasi Politik Tanah Air Terkini, Sujiwo Tejo: Lakone Sengkuni

“Kami mengapresiasi kreativitas kegiatan yang digelar para siswa SMK Binatama. Kami berharap bisa terus berprestasi dan para lulusan tertampung di sektor industri seperti tahun sebelumnya,” ujar Kepala Balai Pendidikan Menengah Sleman Dwi Agus Muchdiharto

.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bareskrim Gerebek Pabrik Sabu di Vila Bali, 3 WNA Ditangkap

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement