Advertisement

Kusir Andong Malioboro Janji Tidak Akan Nuthuk Harga, Cek Tarif Normalnya

Alfi Annisa Karin
Selasa, 19 Desember 2023 - 13:47 WIB
Maya Herawati
Kusir Andong Malioboro Janji Tidak Akan Nuthuk Harga, Cek Tarif Normalnya Andong di Jalan Malioboro. - Harian Jogja/Stefani Yulindriani

Advertisement

Harianjogja.com, DANUREJAN—Masa Natal dan Tahun Baru tak lantas menjadi momen aji mumpung bagi para kusir andong di kawasan Malioboro. Mereka pun berjanji tidak akan nuthuk harga atau menaikkan harga untuk penumpang.  

Ketua Paguyuban Andong DIY Purwanto mengatakan sekalipun harganya naik, tapi dia memastikan tak signifikan.  Wisatawan juga diperbolehkan untuk menawar harga bahkan sebelum menaiki andong. Ini agar harga yang didapatkan bisa lebih murah lagi. Sehingga, Purwanto memastikan tak akan ada istilah nuthuk.

Advertisement

"Kami selalu menaati peraturan yang diberikan pemerintah setempat agar wisatawan datang ke Jogja ini aman, nyaman, dan kembali lagi ke Jogja," ujar Purwanto saat ditemui di Malioboro, Selasa (19/12/2023).

Dia menuturkan, normalnya tarif andong dibagi menjadi empat kategori. Jarak dekat dibanderol dengan harga Rp100.000 dan menengah Rp150.000. Sementara untuk rute mengitari Malioboro hingga Titik Nol Kilometer dibanderol Rp200.000.

BACA JUGA: Menyambut Datangnya Wisatawan pada Libur Nataru, Pemkot Jogja Bersihkan Malioboro

Sedangkan, untuk sampai ke kawasan Kraton penumpang dikenai tarif Rp250.000. Dia mengakui, biasanya kusir akan sedikit menaikkan harga. Ini lantaran waktu tempuh menjadi lebih lama saat liburan karena macet. Namun, kembali lagi wisatawan dipersilakan untuk menawar harga yang diberikan kusir. "Tapi kami tetap mengedepankan tawar menawar di depan dulu baru naik tamu itu," katanya.

Purwanto menuturkan hingga saat ini tercatat ada 421 kusir andong di DIY. Dia menambahkan, omzet kusir andong Malioboro belum 100% pulih sejak merebaknya pandemi Covid-19. Bahkan 50% pun dirasa belum ada. Untuk itu, dia hanya bisa berharap pemasukannya bisa kembali pulih seperti sedia kala. "Insyaallah [pendapatan kusir andong Maliboro] bisa pulih seperti sebelum pandemi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Buka Seleksi CPNS Jalur Sekolah Kedinasan, Ada 3.445 Formasi

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement