Advertisement

398 Personel Disiagakan PMI DIY untuk Jaga Posko Kesehatan Selama Nataru

Newswire
Senin, 25 Desember 2023 - 09:07 WIB
Maya Herawati
398 Personel Disiagakan PMI DIY untuk Jaga Posko Kesehatan Selama Nataru Ilustrasi Posko PMI. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 398 personel berlatar belakang medis serta relawan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan pertolongan pertama disiagakan selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Palang Merah Indonesia (PMI) DIY menyebut mereka akan bertugas selama 24 jam di masing-masing pos siaga.

“(Tempatnya) di beberapa gereja, berkeliling di tempat-tempat keramaian maupun objek wisata di masing-masing wilayah seluruh Daerah Istimewa Jogja," kata Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo di Jogja, Minggu (25/12/2023).

Advertisement

Selain itu, PMI DIY juga menyiapkan enam pos pelayanan ambulans dan pos pertolongan pertama di seluruh DIY dalam pelayanan kemanusiaan menjelang Natal dan Tahun Baru 2024.

Beberapa ambulans yang disiagakan adalah ambulans transpor, ambulans kegawatdaruratan, serta ambulans motor yang sangat bermanfaat saat terjadi kepadatan lalu lintas.

"PMI memiliki lima ambulans motor first responder yang kami luncurkan segera saat terjadi kedaruratan dengan tugas menilai keadaan dan memberikan pertolongan pertama sebelum ambulans kegawatdaruratan," kata dia.

PMI DIY, ujar Prabukusumo, juga menyiagakan armada serta personel untuk kejadian kedaruratan lain seperti bencana kebakaran maupun bencana alam lainnya, termasuk kesiapsiagaan Pemilu 2024.

Selama libur akhir tahun, ujar dia, masyarakat tetap bisa mendapatkan pelayanan darah 24 jam PMI serta jam pelayanan donor darah mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 20.00 WIB di lima Unit Donor Darah PMI kabupaten/kota di DIY.

BACA JUGA: Puluhan Ribu Kendaraan Melewati Tol Cikampek Tinggalkan Jakarta

"Stok darah selama libur relatif aman dan tercukupi, namun yang perlu diantisipasi adalah pertengahan Januari. Biasanya pertengahan Januari pendonor darah menurun karena tidak banyak kegiatan donor darah di luar Gedung PMI," kata dia.

Untuk itu, dia berharap dan mengimbau masyarakat khususnya pendonor darah sukarela untuk menyempatkan donor darah di sela liburan.

Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI DIY Suryanto mengatakan per Desember 2023 jumlah produksi darah di Kota Jogja sekitar 4.000 kantong, kemudian Bantul 1.000 - 1100 kantong, Sleman 2.000-an kantong, sedangkan Kulon Progo 500-600 kantong, dan Gunungkidul 700 kantong darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies Baswedan Belum Pikirkan Pilkada DKI Jakarta dan Ingin Rehat Dulu

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement