Advertisement

Perayaan Natal di Sleman Berjalan Lancar dan Aman

David Kurniawan
Senin, 25 Desember 2023 - 14:47 WIB
Sunartono
Perayaan Natal di Sleman Berjalan Lancar dan Aman Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bersama dengan jajaran Forkompida Sleman saat melaksanakan monitoring perayaan natal. Minggu (24/12/2023). - Istimewa/Humas Pemkab Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Jajaran Polresta Sleman memastikan perayaan natal di Bumi Sembada berlangsung kondusif. Kelancaran ini tak lepas adanya persiapan pengamanan sebelum perayaan berlangsung.

Kasi Humas Polresta Sleman, Iptu Linda Wulandari mengatakan, perayaan natal menjadi salah satu fokus dalam pengamanan objek vitasl pada saat jelang libur akhir tahun. Berbagai upaya untuk pengamanan telah dilakukan untuk memastikan perayaan berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

Advertisement

BACA JUGA : 30 Warga Binaan Lapas Kelas IIA Jogja Terima Remisi Natal 2023

“Kami bersyukur untuk malam dan saat perayaan natal berjalan dengan lancar,” kata Linda kepada wartawan, Senin (25/12/2023).

Menurut dia, untuk pengamanan saat perayaan natal hingga libur akhir tahun diterjunkan pertugas sebanyak 1.071 orang. Selain disebar di titik-titik keramaian dan objek fital lainnya, juga ada petugas yang diterjunkan di gereja-gereja di Sleman.

“Setelah pengamanan perayaan natal. Nantinya akan difokuskan untuk pengamanan dan kelancaran saat libur akhir tahun. Mudah-mudahan semua berjalan dengan kondusif,” katanya.

Kapolresta Sleman, Kombes Yuswanto Ardi berkomitmen untuk menjaga perayaan maupun pelaksanaan libur natal tetap kondusif. Selain menerjunkan ribuan personel guna bersiaga, juga ada upaya sterilisasi sebelum natal.

Ia mencatat ada sedikitnya ada 20 gereja di Sleman yang dilakukan sterilisasi. Tujuannya untuk memastikan tidak ada ancaman maupun gangguan selama perayaan berlangsung. “Untuk gereja-gereja lain juga ada pengamanan dengan melibatkan petugas polsek setempat,” katanya.

Ardi mengungkapkan, selama libur akhir tahun diprediksi Tingkat kunjungan akan meningkat. Di sisi lain juga ada potensi tindak pidana, khususnya yang menyangkut kejahatan jalanan.

Ia memastikan akan menindak secara tegas kasus-kasus maupun tindak pidanan kekerasan atau kejahatan yang terjadi di muka umum. “Zero toleransi untuk kasus kekerasanyang dipertontonkan di muka umum dan pasti akan kami tindak dengan tegas,” katanya.

Untuk pencegahan, juga dilakukan langkah-langkah lainnya. Sebagai contoh, koordinasi dengan pemerinta daerah guna memastikan fasilitas CCTV dapat berfungsi dengan baik.

Selain itu, juga membuka layanan pengaduan melalui hotline 110. “Masyarakat juga bisa berpartisipasi untuk pengamanan di lingkungan masing-masing,” katanya.

BACA JUGA : Natal 2023, Ketua Umum PGI: Perbedaan Politik Bukan untuk Memecah Belah

Bupati dan Wakil Bupati Sleman berserta jajaran Forkompida melaksanakan monitoring kegiatan misa natal pada Minggu (24/12/2023). Salah satu lokasi yang dikunjungi di GBI Aletheia di Kalurahan Sinduadi, Mlati, Sleman.

“Semoga dengan perayaan ini semakin menguatkan harmoni dan kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Sleman,” kata Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mensos Risma Minta Warga Dekat Sungai Jalur Banjir Lahar Hujan Marapi Segera Diungsikan

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement