Advertisement

Jembatan Glagah Dibuka Penuh, Motor sampai Angkutan Barang Bisa Lewat

Triyo Handoko
Senin, 25 Desember 2023 - 15:37 WIB
Maya Herawati
Jembatan Glagah Dibuka Penuh, Motor sampai Angkutan Barang Bisa Lewat Jembatan Glagah yang sudah dibuka penuh untuk umum dan terpantau dilewati truk angkutan barang, Senin (25/12/3023). - Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Jembatan Glagah di Kulonprogo sudah dibuka penuh untuk umum, semua jenis kendaraan bisa melewatinya. Terlihat truk angkutan barang hingga sepeda motor sudah bisa lewat  Senin (25/12/2023).

Sebelumnya pada pertengahan Desember lalu, Jembatan Glagah hanya dibuka secara terbatas dan  angkutan barang belum boleh lewat.

Advertisement

Jembatan yang baru rampung diperbaiki ini menghubungkan jalan di atas Sungai Serang di Kalurahan Karangeuni yang menghubungkan Kapanewon (Kecamatan) Wates dan Temon, Kulonprogo. Selama masa perbikannya arus lalu lintas terbatas, khususnya dialami warga sekitar.

Pembukaan Jembatan Glagah tersebut dibenarkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo. “Sudah dibuka umum sejak Sabtu kemarin,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kulonprogo, Sukrino pada Senin siang.

Sukirno menyebut meskipun dibuka untuk umum tapi ada pembatasan. “Untuk truk maksimal tonase sumbu delapan ton,” ujarnya.

Pembukaan untuk umum Jembatan Glagah, jelas Sukirno, tidak dibatas waktu. “Sudah bukan uji coba lagi, tapi dibuka untuk umum. Nanti juga akan dilakukan pengawasan dan evaluasi,” jelasnya.

BACA JUGA: Pantai Glagah dan Trisik Siang Ini Jadi Favorit Wisatawan, Ratusan Mobil Terparkir

Dibukanya Jembatan Glagah, lanjut Sukrino, di momen libur Natal dan Tahun Baru juga agar lalu  lintas berjalan lebih lancar. “Ini usaha kami agar lalu lintas lebih lancar selama Nataru agar akses makin banyak sehingga tidak ada penumpukan kendaraan di titik tertentu,” katanya.

Sedangkan seorang warga Karangeuni, Yulianti mengaku senang dengan sudah dibukanya Jembatan Glagah secara umum. “Kemarin saat diperbaiki jadi terhambat jalannya, harus mutar dulu,” ucapnya.

Jembatan Glagah yang sudah dibuka secara penuh itu, lanjut Yulianti, diaharapkan mendongkrak perekonomian warga sekitar. “Kalau dibuka penuh kan nantinya ramai, jadi nanti kalau jualan juga lebih enak kalo ramai semoga cepat laku,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gugatan Kubu Pontjo Sutowo Ditolak PTUN, Penyegelan Hotel Sultan Sah

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement