Advertisement

200 Orang Dilibatkan dalam Pelipatan Surat Suara, Dilarang Bawa Minuman Dingin saat Bekerja

David Kurniawan
Rabu, 27 Desember 2023 - 17:27 WIB
Arief Junianto
200 Orang Dilibatkan dalam Pelipatan Surat Suara, Dilarang Bawa Minuman Dingin saat Bekerja Pemilu, pemungutan suara, kertas suara - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Mulai Kamis (28/12/2023), KPU Sleman melakukan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024. Total pekerja yang diterjunkan untuk pelipatan ini sebanyak 200 orang.

Kepala Subbagian Keuangan Umum dan Logistik KPU Sleman, Meirino Setyaji mengaku telah membuat kajian terkait dengan kebutuhan pekerja untuk pelipatan surat suara. Hal ini tak lepas mulai dikirimnya surat suara untuk pemilu 2024. “Hari ini dikirim surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden,” kata Rino, Rabu (27/12/2023).

Advertisement

Dia menjelaskan, untuk pekerja pelipatan membutuhkan sebanyak 200 orang. KPU Sleman juga sudah membuka lowongan untuk warga yang berminat menjadi petugas pelipatan. “Sudah ada pekerjanya dan mulai besok dilakukan pelipatan surat suara,” katanya.

Disinggung mengenai lokasi pelipatan yang panas, Rino tidak menampik hal tersebut. Oleh karenanya, sudah ada antisipasi untuk mengurangi risiko kerusakan surat suara yang disebabkan tetesan keringat pekerja atau cairan lainnya.

“Memang sekarang kondisinya masih sangat panas. Tetapi, pada saat pelipatan berlangsung akan ada tambahan kipas angin agar lebih sejuk dan pekerja tidak terlalu berkeringat sehingga risiko kerusakan pada surat suara bisa dikurangi,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, sebelum pelipatan juga ada bimbingan teknis dalam pelipatan. Di sisi lain, para petugas pelipat juga dilarang membawa minuman dingin ke lokasi pelipatan. “Larangan untuk memastikan risiko kerusakan semakin kecil dan harapannya para pekerja bisa mematuhinya,” katanya.

Ketua KPU Sleman, Ahmad Baehaqi mengatakan, sudah ada pengiriman surat suara, khususnya untuk pemilihan presiden dan wakil presiden. Jumlah yang dikirim sebanyak 436 koli. Setiap kolinya ada 2.000 lembar sehingga total terdapat 872.000 surat suara terkirim. “Jumlah ini sangat mencukupi untuk ketersediaan surat suara pilpres 2024,” katanya.

Kenyakinan tersebut tak lepas dari jumlah Daftar Pemilih Tetap yang tercatat di KPU, sebanyak 849.062 jiwa. Adapun proese pencetakan terdapat penambahan sebanyak 2% dari DPT sehingga yang tercetak sebanyak 867.622 lembar surat suara. “Jadi masih ada sisa sekitar 4.000an lembar sehingga bisa jadi Cadangan untuk kerusakan saat proses pelipatan,” katanya.

BACA JUGA: Surat Suara Pemilu di Gunungkidul Siap Dicetak

Ketua Bawaslu Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar mengatakan, pihaknya akan mengawasi proses pelipatan surat suara. Hal ini memastikan tidak ada kekurangan maupun penyalahgunaan surat suara di pemilu.

“Setiap hari akan ada yang mengawasi. Contohnya, pada saat pengiriman saya langsung ke lapangan guna melihat prosesnya dan saat pelipatan ada petugas yang datang ke Gudang KPU untuk megawasi pelaksanaannya,” kata Arjuna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement