Advertisement

Libur Tahun Baru, 50 Ribu Kendaraan Diprediksi Masuk Kulonprogo

Triyo Handoko
Sabtu, 30 Desember 2023 - 18:17 WIB
Sunartono
Libur Tahun Baru, 50 Ribu Kendaraan Diprediksi Masuk Kulonprogo Kemacetan, macet. - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Selama libur tahun baru ini diprediksi ada 50 ribu kendaraan masuk Kulonprogo. Jumlah kendaraan yang diprediksi tersebut berdasar jumlah kendaraan saat libur Natal kemarin.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo mencatat selama libur Natal lalu ada 40 ribu kendaraan masuk wilayahnya. "Dari libur Natal itu kami prediksi selama libur tahun baru nanti naiknya sekitar 10 persen peningkatannya, sekitar 45 ribu sampai 50 ribu kendaraan masuk Kulonprogo selama libur tahun baru," jelas Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kulonprogo, Sukirno, Jumat (29/12/2023) kemarin.

Advertisement

Prediksi jumlah kendaraan yang masuk Kulonprogo itu, menurut Sukrino, tidak akan menyebabkan kemacetan panjang. "Prediksi kami dengan jumlah sebanyak itu akan ramai lancar, tidak sampai macet, saat Natal kemarin juga ramai lancar saja," terangnya.

BACA JUGA : Polres Kuloprogo Gagalkan Upaya Penyelundupan 18 Pekerja ke Selandia Baru

Tak adanya kemacetan panjang saat libur tahun baru, jelas Sukirno, juga disebabkan akses jalan yang sudah merata dan terbuka di beberapa titik sehingga disimpulkan tidak ada penumpukan kendaraan di lokasi tertentu. "Jembatan Glagah juga sudah dibuka untuk umum, artinya semakin banyak askes jalannya semakin banyak pilihannya sehingga tidak terpusat di lokasi tertentu jadi tidak macet," ungkapnya.

Sukirno menjelaskan dari koordinasi yang dilakukannya juga sudah dipetakan titik-titik yang akan dilakukan perayaan malam tahun baru. "Kalau yang diadakan terpusat oleh Dispar di Pantai Trisik, tapi juga ada di lokasi lain juga, sehingga lagi-lagi tidak sepenuhnya terpusat," ujarnya.

Lokasi perayaan malam tahun baru di Kulonprogo selain di Pantai Trisik, sambung Sukirno, juga akan diselengarkan di Alun-alaun Wates, TPI Congot, hingga Pantai Glagah. "Alternatif rekayasa lalu lintas sudah kami siapkan tapi pelaksanaannya situasional tergantung nanti kondisinya seperti apa. Kami minta masyarakat tetap berhati-hati dan mematuhi arahan petugas di lapangan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKS Berharap Prabowo-Gibran Ajak Gabung Koalisi Pemerintah Seperti PKB dan NasDem

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement