Advertisement

Awal Tahun 2024, Tim SAR Bantul Selamatkan 1 Wisatawan Terseret Ombak di Pantai Parangtritis

Jumali
Senin, 01 Januari 2024 - 12:57 WIB
Ujang Hasanudin
Awal Tahun 2024, Tim SAR Bantul Selamatkan 1 Wisatawan Terseret Ombak di Pantai Parangtritis Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Tim SAR Satlinmas Wilayah III Pantai Parangtritis-Pantai Depok, Bantul berhasil menyelamatkan satu wisatawan yang yang sempat terseret ombak pantai pada Senin (1/1/2024) pagi. Wisatawan yang diselamatkan itu adalah WA, asal Semarang.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah III Parangtritis, M. Arif Nugraha, mengungkapkan, peristiwa tenggelamnya WA, pada pukul 06.35 WIB. Awalnya, korban menginap di Pantai Parangtritis dalam rangka merayakan Tahun Baru 2024.

Advertisement

"Di pagi harinya korban bersama keluarga bermain air dipantai, sempat diingatkan oleh petugas jaga agar tidak bermain air terlalu ketengah. Namun pada pukul 06.35 WIB korban secara tidak sadar kembali bermain air terlalu ketengah dan terbawa arus balik ketengah," kata Arif.

Petugas Satlinmas Rescue Wilayah III dan Sar Ditpolair segera memberikan pertolongan dengan berenang. Korban kemudian dibawa ke Posko Satlinmas rescue wil ops III untuk dilakukan pertolongan lanjutan oleh personil Basarnas.

"Setelah kondisi korban dirasa cukup membaik, korban dikembalikan kepada keluarga," lanjut Arif.

BACA JUGA: Tiga Wisatawan Parangtritis Terseret Ombak, Berhasil Diselamatkan Petugas

Sebelumnya, sebanyak tiga wisatawan asal luar DIY terseret ombak saat bermain air di Pantai Parangtritis, Bantul pada Libur Tahun Baru, Minggu (31/12/2023).

Beruntung semua korban masih bisa diselamatkan oleh petugas Satlinmas Rescue yang berjaga di lokasi kejadian.

Pada sekitar pukul 14.30 WIB. Wisatawan atas nama Subhan Abdullah, 15, asal Bandung terseret ombak. Korban datang bersama rombongan sekitar 55 orang menggunakan sebuah bus tiba di Pantai Parangtritis sekitar 11.00 WIB.

"Selanjutnya pukul 13.00 WIB korban bersama dua orang temannya bermain air, karena terlalu ke tengah, sehingga korban terseret [ombak] ke tengah. Petugas yang melihat kejadian tersebut lantas menolong korban dan berhasil diselamatkan," kata Arif.

Setelah itu ada dua wisatawan lagi yang mengalami peristiwa serupa sekitar pukul 15.10 WIB yaitu Erika Hana, 21, dan Omar Vino Pranoyo, 13, yang berasal dari Depok. Keduanya sempat tenggelam akibat terseret ombal. Kedua wisatawan ini datang bersama rombongan keluarga datang ke Pantai Parangtritis sejak pagi. Sekitar pukul 13.30 WIB kedua korban bermain ATV di kawasan Pantai Parangtritis.

"Kemudian para korban bermain air di tepi pantai, tanpa disadari karena terlalu asik bermain air, kedua korban berada di daerah palung dan terseret arus ke selatan," ujarnya.

Anggota SAR Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah III, Ditpolairud Polda DIY bersama Basarnas DIY yang melihat kejadian tersebut lantas menolong korban. Korban berhasil diselamatkan, selanjutnya korban dibawa ke Pos Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah III untuk menjalani observasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengusaha Sumbangkan Rp27 Miliar untuk Timnas Indonesia

News
| Selasa, 30 April 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement