Advertisement

Luar Biasa! Angka Kunjungan Wisatawan saat Libur Nataru di Sleman Tembus 165% dari Target

Catur Dwi Janati
Kamis, 04 Januari 2024 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Luar Biasa! Angka Kunjungan Wisatawan saat Libur Nataru di Sleman Tembus 165% dari Target Taman wisata Kaliurang. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Jumlah kunjungan wisata Sleman di libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 disebut Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman jauh melampaui target.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Ishadi Zayid menjelaskan dari target 300.000 wisatawan di libur Nataru, Sleman justru diserbu 497.000 wisatawan. Capaian itu setara 165% dari target yang dicanangkan di awal. "Kunjungan itu dari 22 Desember sampai dengan 1 Januari sekitar 497.000 kunjungan. Jadi target kita terlampaui," kata dia, Kamis (4/1/2024).

Advertisement

Ditanya soal penyebab melejitnya angka kunjungan wisatawan Sleman dalam momen Nataru kali ini, libur panjang diungkapkan Zayid jadi faktor utama tingginya lonjakan wisatawan. Letak tanggal merah dan cuti bersama sangat memengaruhi kedatangan wisatawan Sleman.

Hal ini membuat wisatawan bisa menyambung libur Natal dan libur tahun baru dengan cuti kerja. "Karena kan beda dengan libur Lebaran kemarin. Kalau libur Lebaran kemarin itu kan panjang di muka, jadi kan masih di Bulan Puasa itu terus Lebaran 2-3 hari sudah selesai," ujarnya.

Selain itu, bertemunya libur panjang Nataru dengan momen libur sekolah, makin membuka keran wisatawan ke Sleman.

Dampaknya angka kunjungan wisatawan Sleman yang jauh melampaui target tadi. "Libur panjang Nataru, terus libur sekolah, terus banyak event yang dilakukan oleh pelaku wisata di berapa destinasi," tandasnya.

Menyebarnya berbagai event di malam perayaan Tahun Baru makin mengerek kunjungan wisatawan di Sleman. Seperti konser musik di Prambanan dan di Bekasi yang menyedot ribuan pengunjung di malam pergantian tahun.

BACA JUGA: 2024, Dinas Pariwisata Sleman Siapkan Ratusan Event Pariwisata

Kenaikan kunjungan wisatawan di libur Nataru ini lanjut Zayid tentu berdampak pada PAD sektor wisata Sleman. "Kalau PAD terus terang berdampak, karena kunjungan di Merapi kan juga bertambah," ungkapnya. "Di samping itu juga dampak ekonomi bagi masyarakat terutama yang kuliner, hotel itu kan dapat bagian dari itu. Dapat limpahan rezeki dari itu," tandasnya.

Menghadirkan musikus kenamaan seperti Sheila on 7, Jikustik, Shaggydog, Kunto Aji hingga Ndarboy, konser malam perayaan tahun baru di Candi Prambanan setidaknya diserbu sekitar 15.000 pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement