Advertisement

Cegah Kejahatan Jalanan, Kapolres Bantul Minta Orang Tua Awasi Pergaulan Anak

Ujang Hasanudin
Jum'at, 05 Januari 2024 - 16:17 WIB
Ujang Hasanudin
Cegah Kejahatan Jalanan, Kapolres Bantul Minta Orang Tua Awasi Pergaulan Anak kata Kapolres AKBP Michael R Risakotta dalam acara Jumat Curhatdi Balai Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, Jumat (5/1/2024). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kapolres Bantul AKBP Michael R Risakotta meminta kepada para orang tua untuk mengawasi pergaulan anak agar terhindar dari tindak pidana kejahatan jalanan baik sebagai pelaku maupun korban.

Kapolres dalam keterangan tertulisnya menilai kejahatan jalanan yang sebagian besar korban atau pelaku anak-anak akibat kurangnya perhatian orang tua. “Kalau ada yang menjadi pelaku kejahatan jalanan itu dikarenakan kurangnya perhatian dari orang tua seperti memperbolehkan anaknya keluar malam bukan untuk urusan yang penting,” kata Kapolres dalam acara Jumat Curhat di Balai Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, Jumat (5/1/2024).

Advertisement

Michael juga meminta orang tua untuk tidak memanjakan anak-anak dengan membelikan sepeda motor khususnya nuntuk anak yang belum cukup umur untuk mengendarai sepeda motor.

"Kalau ingin anak-anak tidak terlibat kenakalan remaja dan, saya minta bapak ibu jangan belikan atau batasi penggunaan kendaraan bermotor hingga psikologi atau kedewasaan anak tersebut ada,” lanjutnya.

Selain itu Kapolres juga mengimbau warga untuk berhati-hati dengan modus penipuan maupun pencurian. Dalam hal transaksi diusahakan dilakukan cecara langsung untuk menghindari penipuan.

BACA JUGA: Dalam Jumat Curhat, Kapolda DIY Ungkap Penyebab Terjadinya Kejahatan Jalanan

Sementara dalam kasus pencurian biasanya pencuri menyasar rumah-rumah yang ditinggal oleh pemiliknya. Karena itu pihaknya meminta warga untuk lebih waspada ketika meninggalkan rumah.

“Bapak ibu ketika meninggalkan rumah, jalan jauh misalnya, sekiranya di rumah ada barang berharga. Barang berharganya bisa dibawa atau dititipkan ke tetangganya. Dan jangan lupa pamitan kepada tetangganya. Jika perlu pasang CCTV untuk menambah pengamanan di rumah,” imbaunya.

Usai Jumat Curhat, Kapolres Bantul berkesempatan melaksanakan bakti sosial di Panti Asuhan Yatim Piatu Al-Dzikro Imogiri. Bakti sosial berupa pemberian paket sembako yang diterima langsung oleh H. Turmudz

Lebih lanjut Kapolres mengatakan bahwa Jumat Curhat merupakan salah satu program dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk memberikan ruang bagi masyarakat agar bisa curhat dengan Polisi. Hal itu dinilai lebih relevan dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kegiatan Jumat Curhat dilaksanakan dengan mendengarkan langsung curhatan dari masyarakat, kemudian menjadi bahan evaluasi dan ditindaklanjuti. Sehingga program Jumat Curhat sangat efektif untuk menyerap segala masukan dan keluhan masyarakat,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement