Advertisement

BLT Dana Desa Masih Disalurkan untuk Warga Miskin di Sleman

David Kurniawan
Sabtu, 06 Januari 2024 - 06:57 WIB
Sunartono
BLT Dana Desa Masih Disalurkan untuk Warga Miskin di Sleman Ilustrasi uang rupiah / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Sleman memastikan penyaluran Bantuan Tunai Langsung (BLT) Dana Desa masih dilanjutkan di tahun ini. Adapun besaran bantuan Rp300.000 untuk setiap keluarga penerima manfaat.

Sub Koordinator Keuangan Kalurahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Sleman, Ratnaningsih mengatakan, alokasi Dana Desa yang bersumber dari APBN yang diterima untuk 86 kalurahan di Bumi Sembada sebesar Rp123,08 miliar. Jumlah ini lebih banyak ketimbang alokasi di 2023 sebesar Rp121,7 miliar.

Advertisement

BACA JUGA : BLT El Nino Baru Cair Rp6,8 Triliun, Pemerintah Bakal Evaluasi Awal 2024

Menurut dia, untuk penggunaan sudah ada petunjuk teknis dari Pemerintah Pusat. Rencananya, pagu ini dipergunakan untuk program prioritas di kalurahan seperti penyaluran BLT, ketahanan pangan, penanganan stunting dan pemberdayaan BUMDes.

“Empat program ini menjadi prioritas. Setelahnya, baru dipergunakan untuk urusan lain di setiap kalurahan,” katanya.

Ratna menjelaskan, untuk penyaluran BLT Dana Desa sudah dilaksanakan sejak adanya pandemi Covid-19. Untuk porsi alokasi untuk tahun ini lebih longgar dikarenakan maksimal pagu yang disediakan sebesar 25% dari dana desa yang diterima.

“Jadi boleh mengalokasikan 5%, 10% karena yang terpenting tidak melebihi 25%. Kalau tahun lalu, alokasinya ditetapkan antara 10-25% dari dana desa yang diterima,” katanya.

Lurah Taman Martani, Kalasan, Gandang Hardjanata mengatakan, sudah mendapatkan alokasi Dana Desa dari APBN di 2024. Total pagu yang diterima di tahun ini sebesar Rp1,4 miliar.

Menurut dia, pemanfaatan sudah ada pedoman dari Pemerintah Pusat. Salah satunya digunakan untuk penyaluran BLT Dana Desa sama seperti di tahun-tahun sebelumnya.

Penyaluran ini, lanjut dia, sudah menetapkan sebanyak 25 penerima yang berasal dari keluarga miskin ekstrem di Kalurahan Tamanmartani. Setiap bulannya mendapat bantuan sebesar Rp300.000 yang diberikan selama satu tahun.

BACA JUGA : Puluhan Ribu Warga DIY Dapat BLT El-Nino

“Jadi total yang kami alokasikan sebesar Rp90 juta dan ini sudah sesuai dengan ketentuan untuk alokasi BLT Dana Desa yang ditetapkan Pemerintah Pusat,” katanya.

Menurut Gadang, pagu tidak hanya untuk penyaluran BLT. Namun, ada juga untuk penanganan stunting, ketahanan pangan, pengelolaan BUMDes hingga program-program prioritas milik kalurahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tak Cuma -O, Peneliti Kini Siapkan Golongan Darah Universal Baru

News
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement