Advertisement

Lowongan Pengawas di 11 TPS Sepi Peminat, Masa Pendaftaran di Sleman Diperpanjang 2 Hari

David Kurniawan
Minggu, 07 Januari 2024 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Lowongan Pengawas di 11 TPS Sepi Peminat, Masa Pendaftaran di Sleman Diperpanjang 2 Hari Ilustrasi pemilu / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Bawaslu Sleman memperpanjang pendaftaran dan rekrutmen pengawas TPS di 11 kapanewon. Perpanjangan dilakukan karena hingga pendaftaran ditutup Sabtu (6/1/2024) masih ada TPS yang belum ada peminat menjadi pengawasnya.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia Organisasi Pendidikan dan Pelatihan, Bawaslu Sleman, Ahmad Shidiq Wiratama mengatakan, pendaftaran pengawas TPS dibuka 2-6 Januari 2024. Total kebutuhan petugas pengawasan ini disesuaikan dengan jumlah TPS sebanyak 3.457 lokasi.

Advertisement

Meski demikian, ia mengakui hingga pendaftaran ditutup, belum semua terisi dikarenakan masih ada TPS yang belum ada peminatnya. Berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan, hingga Sabtu total ada pendaftar sebanyak 3.079 orang.

Jumlah ini belum sesuai kebutuhan sebanyak 3.457 orang. Oleh karena itu pendaftaran diperpanjang pada 7-8 Januari 2024. “Diperpanjang selama dua hari,” kata Aswi, sapaan akrabnya, Minggu (7/1/2024).

Menurut dia, dari total pendaftaran di 17 kapanewon di Sleman, enam kapanewon yang meliputi Mlati, Ngemplak, Pakem, Turi, Tempel dan Sleman tidak melalui proses perpanjangan.

Adapun, kesebelas kecamatan seperti Berbah, Cangkringan, Depok, Gamping, Godean, Kalasan, Minggir, Moyudan, Ngaglik, Prambanan dan Seyegan harus melalui perpanjangan. “Sekarang sudah mulai proses perpanjangan masa pandaftaran,” katanya.

Menurut dia, untuk pendaftar di setiap TPS tidak sama. Pasalnya, terdapat sejumlah TPS yang lebih dari dua orang sehingga pada saat tes wawancara akan diberikan opsi untuk bertugas di TPS yang masih kosong.

“Jadi ada opsi ditempatkan di TPS yang belum ada pengawasnya. Yang jelas, kami masih menunggu hingga masa perpanjangan ditutup dan mudah-mudahan kuota bisa terpenuhi semuanya,” kata Aswi lagi.

BACA JUGA: Belum Terpenuhi, Bawaslu Bantul Perpanjang Masa Pendaftaran Pengawas TPS

Ketua Bawaslu Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar tidak memermasalahkan adanya masa perpanjangan pendaftaran untuk pengawas TPS di beberapa kapanewon. Pasalnya, perpanjangan sudah sesuai dengan ketentuan petunjuk teknis dalam rekrutmen. “Kalau belum ada pendaftarnya memang harus diperpanjang pendaftarannya,” lata Arjuna.

Meski demikian, ia optimistis selama masa perpanjangan bisa terpenuhi sesuai dengan kuota yang dibutuhkan. Guna mencapainya, dilakukan sosialisasi ke Tingkat RT dan RW. “Kami minta panwaslu untuk mengoptimalkan sosialisasi agar kebutuhan bisa terpenuhi,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Wacanakan Pembubaran Sejumlah Lembaga Negara, Demi Efisien Jalannya Pemerintahan

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement