Advertisement

Komplotan Maling Sapi di Sentolo Diduga Terekam CCTV, Polisi Buru Pelaku

Triyo Handoko
Senin, 08 Januari 2024 - 14:27 WIB
Sunartono
Komplotan Maling Sapi di Sentolo Diduga Terekam CCTV, Polisi Buru Pelaku Personil Polres Kulonprogo saat menerima laporan korban maling sapi langsung menuju lokasi dan memasang garis polisi di Kalurahan Tuksono, Kapanewon Sentolo pada Minggu malam (7 - 1 / 2023). Dok Polres Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Maling sapi di Kalurhan Kalurahan Tuksono, Kapanewon Sentolo, Kulonprogo diduga terekam CCTV. Dalam CCTV tersebut terekam sebuah mobil Grand Max melintas di waktu pencurian berlangsung.

Dukuh Giling, Tuksono, Sutrisno menyebut CCTV tersebut berada di sektiar lokasi rumah korban pencurian anak sapi tersebut. "Lokasinya di sekitar rumah Pak Sumadi yang jadi korban, hanya bertetangga RT, terekam melintas saat kejadian," ungkapnya, Senin (8/1/2023).

Advertisement

Sayangnya dalam CCTV itu tak terekam ada anak sapi di dalam mobil tersebut. "Karena tertutup mobilnya jadi tidak terlihat," ujarnya.

BACA JUGA : Viral Pencurian di Warung Penjual Ayam Dusun Segoroyoso Bantul, Pelaku dan Korban Berdamai

Sutrisno menduga pencuri tersebut sengaja mencuri anak sapi, pasalnya dari tiga sapi di kandang milik korban hanya anak sapi yang dicuri. "Kemungkinan karena kapasitas mobil itu hanya muat anak sapi, kalau melebih itu tidak muat," analisanya.

Polsek Sentolo yang menerima laporan pencurian tersebut terus berupaya mengungkap kasus ini. Penyelidikan masih terus digelar Polsek Sentolo. "Keterangan saksi korban sudah kami terima, kami juga sudah koorinasi dengan Polres Kulonprogo terkait kasus ini," ujar Kapolsek Sentolo AKP Julianta Kusnadi pada Senin siang.

Julianta menyebut saat kejadian personilnya juga langsung melakukan pemeriksaan di tempat kejadian. "Personil kami dan tim dari Polres Kulonprogo langsung memeriksa tempat kejadian, sekarang masih proses pengungkapan," terangnya.

Terkait CCTV yang diduga mereka pencuri sapi tersebut, jelas Julianta, pihaknya sduah berkoorinasi dengan pemilik CCTV tersebut. "Kami juga sudah berkooridinasi agar rekaman tersebut bisa kami periksa juga, belum dapat disimulkan semantara ini," tuturnya.

Sebelumnya, catatan Polsek Sentolo menyebut kasus pencurian hewan ternak terjadi pada April, 2023. "Terkahir terjadi pencurian ternak ini pada 2023 lalu seblum pencurian sapi ini, saat itu yang dicuri kambing dan pelakunya berhasil terungkap juga," paparnya.

Julianta meminta masyarkat lebih berhati-hati. "Terutama mejaga harta benda baik yang bergerak ataupun tak bergerak agar ditingkatkan supaya tidak jadi korban pencurian ataupun penipuan lainnya," ucapnya.

Kronologi pencurian anak sapi ini sebelumnya diungkap Kasi Humas Polres Kulonprogo AKP Triatmi Noviastuti. Dimana dijelaskan Novi bahwa pedet limosin berwarna coklat milik Sumadi itu sempat bikin suara gaduh di kandangnya saat dimaling orang tak dikenal. "Saat sedang tidur tiba-tiba korban terbangun karena mendengar suara gaduh di kandang sapi yang berada di belakang rumahnya," katanya.

Sumadi yang mendengar suara gaduh tersebut lantas bangun, jelas Novi, ia langsung mengecek ke kandangnya. "Selanjutnya korban langsung mengecek ke kandang sapi dengan membawa senter dan diketahui bahwa satu ekor pedet jenis limosin, warna coklat, umur sekira satU bulan senilai Rp3 juta sudah tidak ada di kandang," jelas Novi.

BACA JUGA : Polisi Ungkap Alasan Pencuri dan Peracun Anjing yang Ditangkap di Seyegan

Korban maling sapi ini sempat mencari pedetnya di sekeliling kadang. "Namun tidak menemukan hewan ternaknya tersebut selanjutnya korban mencari dengan menggunakan sepeda motor ke arah timur barangkali menemukan orang yang membawa hewan ternaknya, tapi tidak ditemukan juga" ungkap Novi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gus Halim Yakin Prabowo Punya Komitmen Tinggi Majukan Desa

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement