Advertisement

Pekan Pertama 2024, Angka Kunjungan Wisatawan di Gunungkidul Menurun

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 12 Januari 2024 - 17:57 WIB
Maya Herawati
Pekan Pertama 2024, Angka Kunjungan Wisatawan di Gunungkidul Menurun Aktivitas pariwisata di Kawasan Pantai Indrayanti di Kalurahan Tepus, Tepus, Gunungkidul, beberapa waktu lalu. Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul menyampaikan angka kunjungan wisatawan turun pada pekan pertama Januari 2024. Penurunan ini diklaim normal karena kegiatan belajar mengajar mulai aktif.

Sub Koordinator Objek dan Daya Tarik Wisata Bidang Pengembangan Destinasi Dispar Gunungkidul, Aris Sugiyantoro mengatakan pengunjung kawasan wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menurun sejak 2 Januari 2024.

Advertisement

“Sejak 2 januari 2024 sudah menurun drastis dibanding saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal ini karena sekolah sudah mulai aktif, rata-rata per hari hanya delapan ribunan pengunjung selama sepekan pertama,” kata Aris, Jumat (12/1/2024).

Aris menambahkan kawasan wisata yang dikelola Pemkab Gunungkidul mencakup kawasan Paralayang Watugupit, Goa Cerme, Pantai Gesing-Kesirat, Pantai Ngedan, Pantai Ngrenehan-Widodaren, Pantai Baron-Watulawang, Pantai Poktunggal, Pantai Timang, Pantai Siung, Pantai Wediombo-Jungwok, Goa Pindul, Kalisuci, Sri Getuk, Nglanggeran, dan Embung Sriten.

“Kalau angka kunjungan dari tanggal 2 Januari 2024 sampai hari Kamis 11 Januari kemarin di seluruh kawasan wisata yang dikelola Pemkab baru 115.919 pengunjung,” katanya.

Aris mengatakan Kawasan Baron sampai dengan Poktunggal masih menjadi primadona wisatawan. Setelah itu baru disusul kawasan Bukit Paralayang Watugupit.

BACA JUGA: Hore Rute Bus Sekolah di Gunungkidul Diperpanjang

“Kalau tahun ini kemungkinan angka kunjungan naik pada libur Isra Miraj. Kemudian sewaktu Imlek pada tanggal 8-11 Februari 2024 atau long wekeend,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Oneng Windu Wardhana mengatakan total kunjungan wisatawan pada 23 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024 mencapai 353.868 orang.

Menurut Windu, sbagian besar wisatawan masih menjadikan kawasan pantai selatan Gunungkidul sebagai destinasi prioritas. Hal ini tidak terlepas dari karakteristik dan banyaknya pantai di Bumi Handayani.

"Kunjungan paling banyak itu ada di kawasan wisata Pantai Pok Tunggal sampai Baron [Desember 2023]. Puncak kunjungan terjadi pada tanggal 31 Desember 2023 dengan total kunjungan 57.347 orang," kata Windu.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement