Advertisement

Rest Area Seluas 3.000 Meter Persegi Dibangun di Kelok 18, Ini Lokasi Persisnya

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 15 Januari 2024 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Rest Area Seluas 3.000 Meter Persegi Dibangun di Kelok 18, Ini Lokasi Persisnya Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.2 Satker PJN DIY, Ridwan Subarkah saat menjelaskan mengenai rest area JJLS Kelok 18, Senin (15/1/2024)./Harian Jogja - Stefani Yulindriani

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Pusat melalui Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional (Satker PJN) Wilayah DIY berencana membangun rest area di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Kelok 18, Girijati, Gunungkidul. 

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.2 Satker PJN DIY, Ridwan Subarkah menyampaikan rest area akan dibangun pada jarak 3,8 km dari 0 km atau dari pertigaan Jalan Parangtritis, Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Bantul. 

Advertisement

“[Lokasi rest area] hampir pertengahan, masuknya di Kabupaten Gunungkidul, Girijati. Lokasinya bagus, dalam arti view Pantai Selatan, terus ada fasilitas [untuk] rest area [berupa] tempat istirahat, tempat salat,” ujarnya, Senin (15/1/2024). 

Dia menuturkan rest area tersebut akan menonjolkan kekhasan Gunungkidul dan DIY. Sehingga, pihaknya telah berkoordinasi dengan beberapa dinas terkait di tingkat provinsi dan kabupaten. 

“Dari Gunungkidul kekhasan juga dimasukkan, kekhasan Kretek Girijati, termasuk rest area akan selesai pekerjaan jalan ini pada Oktober 2025. Otomatis rest area aktif Oktober 2025, luasnya sekitar 3.000 meter persegi,” ujarnya. 

Sementara menurut Subarkah, pengelolaan rest area tersebut masih akan dibahas lebih lanjut dengan Pemda DIY, dan kabupaten terkait. “Kami akan berkoordinasi terkait dengan pengelola rest area-nya. Karena kami di sini cuma sebagai pihak pelaksananya. Ketika ada pengelola rest area, biasanya nanti ada paguyubannya juga. Itu masih tahap rencana, bentuknya seperti apa akan kami koordinasikan dengan pihak terkait,” ujarnya. 

BACA JUGA: Ini Perkembangan Proyek JJLS Kelok 18, Kejar Target Operasional 2025

Hingga saat ini, menurut Subarkah, tahap pembangunan JJLS Kelok 18 telah mencapai 12%. Saat ini tahap persiapan lahan berupa pembukaan lahan telah dilakukan di sepanjang area JJLS Kelok 18. 

“Kami ahead dari schedule target tadi, kami sudah buka lahan terlebih dahulu, secara akses dari 0 [km] sampai akhir sudah dapat diakses, tentunya sifatnya konstruksi, kalau di lokasi proyek kami tutup karena secara keamanan perlu kehati-hatian, sehingga tidak kami buka akses untuk umum,” imbuhnya. 

Diketahui JJLS Kelok 18 akan dibangun sepanjang 5,64 km. JJLS Kelok 18 akan dibangun dua  lajur dengan lebar jalan 7 meter. JJLS Kelok 18 juga akan dihubungkan dengan sebuah jembatan sepanjang 50 meter di STA 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Empat Kades di Bojonegoro Jadi Tersangka Korupsi, Tilap Dana Pembangunan Jalan Total Senilai Rp1,2 M

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement