Advertisement

Rumah Sakit Jogja Punya Empat Layanan Baru, Ini Daftarnya

Lugas Subarkah
Selasa, 16 Januari 2024 - 19:07 WIB
Maya Herawati
Rumah Sakit Jogja Punya Empat Layanan Baru, Ini Daftarnya Rumah Sakit Jogja / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rumah Sakit (RS) Jogja membuka empat layanan baru, yakni layanan spesialis jantung dan pembuluh darah, layanan neurointervensi, layanan spesialis bedah saraf, dan layanan spesalis paru. Dengan empat layanan baru ini diharapkan RS Jogja semakin maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Ketua Tim Kerja Hukum Humas RS Jogja, Wina Widiastuti, menjelaskan layanan tersebut merupakan bagian dari inovasi untuk menambah fasilitas layanan yang belum ada di RS Jogja. "Kami memiliki dua dokter spesalis jantung dan pembuluh darah, satu dokter spesialis neurointervensi, satu dokter spesialis bedah saraf dan satu dokter spesialis paru," katanya, Selasa (16/1/2024).

Advertisement

Keempat layanan baru ini pun juga sudah didukung dengan peralatan yang memadai. Pada layanan jantung dan pembuluh darah misalnya, RS Jogja telah dilengkapi alat rekam jantung seperti treadmill dan echocardiography.

Selain itu, untuk diagnostik dan intervensi penyakit jantung dan pembuluh darah, RS Jogja juga telah memiliki laboratorium kateterisasi jantung atau cath lab. "Di laboratorium ini pula layanan neurointervensi atau kateterisasi otak yang meliputi prosedur diagnostik dan terapeutik dilakukan," katanya.

BACA JUGA: AS Roma Resmi Akhiri Kontrak Mourinho

Kateterisasi jantung adalah suatu pelayanan yang dilakukan di laboratorium kateterisasi jantung untuk menentukan diagnostik penyakit jantung dan pembuluh darah. Untuk selanjutnya, dilakukan intervensi non bedah sesuai indikasi secara infasif melalui pembuluh darah dengan menggunakan kateter.

RS Jogja kini juga mampu melakukan pemasangan ring jantung sewaktu-waktu atau penanganan Percutaneous Coronary Intervention (PCI) 24 jam. "Layanan pemasangan ring jantung di RS Jogja saat ini sudah dibuka 24 jam guna menangani kasus kegawatdaruratan jantung. Sebelumnya, layanan tersebut hanya untuk kondisi emergency saja," ungkapnya.

Sementara untuk layanan paru, RS Jogja menangani penyakit gangguan pada paru-paru dan saluran pernapasan bagian bawah. Masyarakat tak perlu khawatir akan biaya, karena layanan tersebut bisa menggunakan layanan BPJS kesehatan.

Empat layanan ini buka pada hari Senin hingga Sabtu. "Layanan ini dapat melayani pasien BPJS dan umum. Untuk jam loket pendaftarannya hari Senin sampai Kamis mulai 07:15 WIB hingga 11:00 WIB, Sementara Jumat dan Sabtu pukul 07:15 WIB hingga pukul 10:00 WIB," katanya.

RS Jogja akan terus berkomitmen memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk mendapatkan berbagai layanan kesehatan. Dengan berbagai layanan ini diharapkan kualitas pelayanan di RS Jogja bisa terus ditingkatkan sehingga masyarakat bisa mengakses lebih banyak layanan kesehatan di rumah sakit milik Pemkot Jogja tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ayah Perkosa Anak Kandung di Serang, Kementerian PPPA Turun Tangan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement