Advertisement

UKW-BUMN di DIY Didukung 3 Perusahaan, Ada Kompetisi Berhadiah Rp50 Juta

Maya Herawati
Kamis, 18 Januari 2024 - 18:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
UKW-BUMN di DIY Didukung 3 Perusahaan, Ada Kompetisi Berhadiah Rp50 Juta Pelaksanaan UKW di PWI DIY, yang digelar di Forriz Hotel, Jogja, Kamis (18/1/2024). ist - PWI Pusat

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tiga perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Forum Humas BUMN menyokong penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di DIY selama dua hari 18-19 Januari 2024.

Penyelenggara UKW ini adalah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bersama dengan PWI DIY. Bentuk dukungan Ketiga BUMN, yaitu PT BRI (Persero) Tbk, PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT PNM tersebut dibuktikan kehadiran perwakilan BUMN dalam pembukaan UKW di PWI DIY, yang digelar di Forriz Hotel, Jogja, Kamis (18/1/2024).

Advertisement

UKW  dengan tema PWI bersama BUMN Menciptakan Wartawan Profesional dan Berakhlak ini dibuka Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Diskominfosan) Kota Jogja, Ignatius Tri Hastono yang mewakili Pj Wali Kota Jogja Singgih Raharjo yang berhalangan hadir.

UKW ini diikuti sebanyak 29 peserta anggota PWI DIY yang dibagai dalam tiga kelompok Muda, satu kelompok Madya dan satu kelompok Utama.

"Bagi kami, wartawan itu merupakan mitra Humas dalam menyampaikan informasi  Kepada masyarakat," ujarnya, kata Kepala Dinas Kominfosan Kota Jogja, Ignatius Tri Hastono saat menyampaikan sambutannya.

Tri Hastono juga menyebutkan sekarang ini banyak press release yang disampaikan oleh media onlline, namun berbeda rasanya dengan berita yang dikemas langsung oleh wartawan. Sehingga standardisasi Kompetesi Wartawan melalui UKW akan menciptakan wartawan profesional.

Sedangkan Regional Operation Head BRI Kanwil Yogyakarta Muji Prasetyo Widodo mengatakan peran pers beserta media sangat dibutuhkan guna memberikan edukasi kepada masyarakat.

Muji menjelaskan, terlebih lagi saat ini media sudah menyajikan berita secara online. Untuk itu, insan pers dituntut semakin kreatif dan profesional dalam menyajikan berita dengan berpegang teguh etika jurnalistik, agar para wartawan berada di koridor yang tepat.

"Bagi BRI peran teman-teman pers khususnya yang tergabung PWI sangat luar biasa, dan sangat penting dalam rangka menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang program pemerintah yang ditugaskan kepada BRI," kata Muji.

Manajer Supporting PNM Cabang Yogyakarta, Muhammad Shofa mengungkapkan UKW ini penting, sehingga dapat menciptakan wartawan profesional. "Wartawan itu memiliki standar untuk mengukur praktik kemampuan di lapangan, sehingga dengan UKW ini dapat menciptakan wartawan profesional khususnya di Jogja," ujar Shofa.

BACA JUGA: Cegah Kelelahan Petugas Pemilu, Kementerian Kesehatan Siapkan Sistem Skrining

Ketua PWI DIY Don Hudono mengatakan UKW yang didukung  oleh tiga BUMN yang ada di Jogja ini, merupakan UKW ke-10 PWI DIY.

Ini merupakan program UKW yang diselenggarakan oleh PWI Pusat. "Kami berterima kasih atas dukungan BUMN yang diberikan dukungan untuk pelaksanaan UKW ini," ujarnya

Kegiatan ini juga dihadiri Assistant Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Hendras Andri Pratama mewakili Manager Humas Daop 6.

Kompetisi Jurnalistik

Direktur UKW PWI Pusat Firdaus Komar mengatakan seluruh perserta UKW berkesempatan mengikuti lomba kompetisi jurnalistik dengan memperebutkan total hadiah Rp50 juta. UKW PWI-BUMN digelar di seluruh PWI se-Indonesia termasuk satu daerah khusus yaitu PWI Surakarta.

Kick off UKW PWI-BUMN ini dilakukan di tiga daerah sekaligus yaitu di Manado, PWI Sulawesi Utara (Sulut), di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan di Banda Aceh, PWI Provinsi Aceh dan dilanjutkan ke seluruh PWI se-Indonesia termasuk satu daerah khusus PWI Surakarta.

Secara teknis mengenai kompetisi jurnalistik bagi peserta UKW PWI-BUMN ini, menurut Firdaus, wajib memenuhi kriteria sebagai yang telah ditentukan. Tema tulisan lomba yaitu Peran BUMN terhadap Kemajuan Pers melalui UKW. Karya jurnalistik yang diikutkan dalam lomba berupa feature dengan minimal 1.500 karakter.

Selanjutnya karya yang dilombakan dikirimkan ke link yang telah disediakan oleh admin PWI Pusat dengan waktu maksimal tiga hari setelah pelaksanaan UKW yang digelar di masing-masing daerah.

Mengenai tema yang ditentukan, variabel  pertama terkait peran BUMN saat ini. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki peran yang penting dalam membangun dan mengembangkan perekonomian Indonesia.

Sebagai bagian integral dari sektor publik, BUMN memiliki tanggung jawab besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan menyediakan layanan publik yang vital. Badan usaha adalah mitra pemerintah dalam meningkatkan perekonomian nasional, misalnya dalam peningkatan ekspor.

Selain itu, fungsi badan usaha adalah sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam pemerataan pendapatan masyarakat.

Berkaitan dengan peran BUMN terhadap kemajuan pers, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mempercayai bahwa wartawan  adalah bagian utama industri pers yang akan bekerja secara profesional. Atas profesionalitasnya itu maka pemerintah dan industri lain, termasuk BUMN, sangat memperhatikan industri pers.

Salah satu bentuk perhatian itu antara lain diberikan oleh Kementerian BUMN dan jajaran BUMN dalam bentuk dukungan penyelenggaraan UKW. Dukungan tersebut juga diberikan dengan harapan industri pers tetap mampu bersinergi berkontribusi untuk kemajuan BUMN.

Selanjutnya, Firko, panggilan akrabnya, mengatakan pengumuman pemenang yang terdiri dari 10 orang pemenang dan 15 orang juara harapan, diperkirakan pada Juli 2024. “Mudah-mudahan berdasarkan estimasi waktu yang akan tersedia terkait dengan program UKW-BUMN ini, sekitar Juli 2024 akan rampung,” katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiga Ribu Lebih WNI Terjerat Online Scam Sejak 2021

News
| Minggu, 28 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement