Advertisement

Dapat DAK, Bantul Bangun Perpustakaan Umum Senilai Rp10 Miliar

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 18 Januari 2024 - 14:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Dapat DAK, Bantul Bangun Perpustakaan Umum Senilai Rp10 Miliar Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULDinas Perpustakaan dan Kearsipan Bantul akan membangun gedung Perpustakaan Umum Bantul yang baru di lahan bekas Gedung Satpol PP Bantul tahun 2024. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bantul, Sukrisna Dwi Susanta menyampaikan pembangunan tersebut rencananya akan dilakukan pada pertengahan Februari-November 2024. 

Advertisement

“Itu [pembangunan gedung baru] untuk gedung pelayanan perpustakaan. Nanti rencana kita pindah tempat, yang semula di selatan Masjid Agung, nanti kantor kita pindah di bekas Gedung Satpol PP [Bantul],” katanya, Kamis (18/1/2024). 

BACA JUGA: Dinginkan Tensi Jelang Pemilu, Polda DIY Tampilkan Ndarboy Genk dan Trie Utami di Titik Nol

Dia menyampaikan pembangunan Gedung Perpustakaan Umum Bantul tersebut dilakukan karena gedung sebelumnya berdiri di atas Tanah Kas Desa (TKD) Kalurahan Bantul. Sementara lahan baru yang akan ditempati merupakan lahan milik Pemkab Bantul. 

“Itu bangunan disitu [bekas Gedung Satpol PP Bantul] karena tanah Pemkab. Selama ini kalau kita bermohon DAK ke pusat tidak bisa turun karena yang kita pakai sekarang tanah kalurahan Bantul,” ujarnya. 

Dia menyampaikan kepindahan tersebut lantaran Bupati Bantul Gedung berencana akan menggunakan Gedung Perpustakaan Umum Bantul yang lama untuk digunakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Bantul. Meski begitu, Sukrisna mengaku tidak mengetahui secara menyeluruh mengenai rencana penggunaan gedung tersebut. 

“Yang kantor lama nanti posisinya kita tidak tahu kebijakan Pak Bupati akan dipakai untuk OPD mana,” katanya. 

Pembangunan gedung tersebut dialokasikan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Perpusnas RI hingga Rp10 miliar. Gedung tersebut akan dibangun 3 lantai, yang akan digunakan untuk pelayanan perpustakaan dan sekretariat. 

Proses pembuatan DED gedung tersebut telah rampung tahun 2023. Dia menyampaikan saat ini proses tender pembangunan gedung tersebut telah dimulai, dan ditargetkan Februari 2024 pemenang tender ditetapkan. Sehingga pertengahan Februari 2024 proses konstruksi akan dimulai.

BACA JUGA: Didesak Mundur oleh PDIP Jadi Walikota Surakarta, Ini Reaksi Gibran

Sementara Kepala Satpol PP Bantul, R. Jati Bayubroto menyampaikan Gedung Satpol PP Bantul telah pindah ke Kompleks Pemkab II Manding Bantul pada Desember 2024. 

“Yang kantor sebelumnya kosong, sudah rata, rencana mau dibangun untuk Gedung Perpustakaan, ada anggaran DAK dari pusat. Kami hanya kemarin segera pindah, kami sudah pindah ke gedung baru di Kompleks Manding,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hamas Minta Jusuf Kalla Bantu Mediasi Konflik Israel dengan Palestina

News
| Senin, 06 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement