Advertisement

Jadi Syarat Bikin Visa, Ratusan Jemaah Haji Kulonprogo Rekam Biometrik

Triyo Handoko
Jum'at, 19 Januari 2024 - 17:47 WIB
Arief Junianto
Jadi Syarat Bikin Visa, Ratusan Jemaah Haji Kulonprogo Rekam Biometrik Suasana layanan perekaman biometrik jamaah haji Kulonprogo yang difasilitasi Kemenag, Jumat (19/1/2024). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak 406 jemaah haji dari Kulonprogo melakukan perekaman biometrik untuk mendapat visa. Perekaman biometrik ini difasilitasi Kantor Kemenag Kolonprogo, Jumat (19/1/2024).

Perekaman biometrik ini meliputi pemindaian data sidik jari, wajah, hingga bagian tubuh lain untuk memastikan identitas yang ada cocok. Dimana dari 406 jemaah haji yang mengikuti perekaman biometrik ini berasal dari kategori haji reguler dan lansia sebanyak 311 orang dan 95 orang lainnya kategori cadangan.

Advertisement

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kulonprogo, H. Mulyono menjelaskan perekaman biometrik ini ditargetkan rampung Januari ini. "Pelayanan perekaman biometrik ini sudah dimulai sejak Desember lalu, dimana tiap harinya terdapat 20 orang jamaah haji yang melakukannya," katanya, Jumat siang.

Mulyono menjelaskan perekaman biometrik ini sebenarnya dapat dilakukan mandiri oleh jamaah melalui ponsel Android yang spesifikasinya mencukupi. “Tetapi setelah didiskusikan dengan jemaah haji melalui grup WhatsApp, sebagian besar meminta dijadwalkan saja rekam biometriknya di Kemenag," terangnya.

BACA JUGA: Hari Keempat Pelunasan, Sudah Ada 4.438 Jemaah Lunasi Biaya Haji

Kegiatan pendampingan rekam biometrik tersebut, jelas Mulyono, merupakan bagian dari pemberian layanan kepada masyarakat. "Penginputan data biometrik ini meliputi pemindaian paspor, wajah, dan 10 sidik jari. Data-data ini nantinya untuk pengusulan pembuatan Visa Haji 1445 Hijriah," katanya.

Perekaman biometrik untuk mendapat visa dari Kerajaan Arab Saudi ini, lanjut Mulyono, terhubung langsung dengan sistem Saudi Visa Bio. "Saat ini sudah hampir selesai untuk jemaah haji asal  Kulonprogo yang melakukan rekam biometrik sekitar 250 orang. Mudah-mudahan ke tahap berikutnya bisa berjalan lancar dan tidak ada halangan apapun," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement